Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Pondok Pesantren Al-Istiqomah Maruyung Peringati Harlah Ke-24

Pondok Pesantren Al-Istiqomah Maruyung Peringati Harlah Ke-24
Pondok Pesantren Al-Istiqomah didirikan oleh almaghfurlah KH Ali Imron
Pondok Pesantren Al-Istiqomah didirikan oleh almaghfurlah KH Ali Imron

Bandung, NU Online Jabar 
Pondok Pesantren Al-Istiqomah Maruyung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung memperingati hari lahir (harlah) ke-24 dengan doa bersama para asatidz dengan santri putra dan putri, Selasa (10/8). Acara yang diakhiri dengan pemotongan tumpeng tersebut berlangsung mulai pukul 20.00 sampai dengan 22.30. 

Pondok Pesantren Al-Istiqomah didirikan oleh almaghfurlah KH Ali Imron pada 1 Muharram 1419 bertepatan dengan 28 April 1998. Tanggal tersebut dipilih di antaranya merupakan hasil istikharahnya. 

 

Salah seorang pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqomah saat ini, KH Ahmad Fawzy Imron mengatakan, Pondok Pesantren Al-Istiqomah selalu berupaya menjalankan amanah yang dicanangkan almarhum sebagai pendiri, yaitu agar mampu mencetak ulama yang mengedepankan keluhuran akhlak.

KH Ahmad Fawzy Imron saat memotong tumpeng peringatan harlah ke-24 Pondok Pesantren Al-Istiqomah

Pada saat mendirikan pesantren, lanjutnya, KH Ali Imron mencanangkan bahwa bahwa Al-Istiqomah ingin berkiprah dalam menyebarkan ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah sesuai dengan moto ana Muslim, ana Sunny, ana Syafi'iy, (saya seorang Muslim, seorang Sunni, dan bermazhab Syafi'i).

“Dan juga dilandaskan kepada "Al-muhafadzatu alal qadimis shalih wal akhdzu biljadidil ashlah," katanya. “Sama seperti para pendiri pesantren lainnya, cita-cita pendirian Pesantren Al-Istiqomah adalah untuk mencetak hamba-hamba yang saleh dan mencetak ulama yang ber-akhlakul karimah,” jelasnya.

KH Ali Imron, menurut ajengan yang akrab disapa A Uzi ini, berpesan kepada anak cucunya agar dalam keadaan apapun, menjadi pengasuh pesantren harus selalu dilandaskan kepada keikhlasan.

 

Untuk diketahui, KH Ali Imron merupakan salah seorang tokoh yang dikenal publik Jawa Barat dan tokoh-tokoh NU di tingkat nasional. Almarhum yang juga dikenal sebagai pengasuh Pondok Pesantren Baitul Arqom saat akhir hayatnya merupakan salah seorang Mustasyar PWNU Jawa Barat. 

Pondok Pesantren Al-Istiqomah pada saat berdiri hanya 15 santri, saat ini memiliki 450 santri putra dan putri. Memasuki usia ke-24, pesantren ini membuka program Tahfidz Al-Qur’an, melengkapi lembaga pendidikan formal yang telah ada, yaitu SMP, SMA, dan STAI Manggala.  

 

Pewarta: Nelly Nurul Azizah 
Editor: Abdullah Alawi 

 

Terkait

Pesantren Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×