Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Abun Bunyamin Ungkap Tiga Penyebab Su'ul Khatimah

KH Abun Bunyamin Ungkap Tiga Penyebab Su'ul Khatimah
KH Abun Bunyamin Ungkap Tiga Penyebab Su'ul Khatimah. (Foto: Ss Yt Al Muhajirin TV).
KH Abun Bunyamin Ungkap Tiga Penyebab Su'ul Khatimah. (Foto: Ss Yt Al Muhajirin TV).

Purwakarta, NU Online Jabar
Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat KH Abun Bunyamin menerangkan tiga perbuatan yang dapat menjadi penyebab seorang muslim wafat dalam keadaan su'ul khatimah. 


"Jadi yang paling ditakuti oleh umat Rasulullah, termasuk kita dan anak cucu kita adalah wafat dalam keadaan suul khatimah," ungkap kiai Abun dalam tausiyahnya di Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta, Minggu (4/9). 


Menurutnya, ada tiga penyebab manusia mendapatkan su'ul khatimah. Pertama adalah orang yang selalu menganggap enteng atau melalaikan waktu solat. Merasa waktu masih panjang atau tidur beberapa menit sebelum masuk waktu shalat. 


"Contohnya waktu shalat subuh, ketika kita bangun beberapa menit sebelum adzan subuh, segerakan bangun dan siap-siap shalat. Jangan kemudian melanjutkan tidur hingga akhirnya bangun kesiangan dan meninggalkan shalat subuh," jelas kiai Abun. 


Ia menilai, sikap melalaikan waktu shalat tersebut dapat menyebabkan suul khotimah. Kiai Abun berharap semoga kita tidak tergolong dari umat yang suka menganggap ringan atau melalaikan wakru shalat. 


Kedua, lanjutnya, adalah orang yang mendawamkan atau membiasakan minum khomer. Orang yang hampir setiap harinya tidak lepas dari meminum alkohol atau sesuatu yang memabukan. Bahkan kini, sejenis miras atau narkotika bukan hanya dapat diminum, namun juga dapat disuntikan kedalam tubuh. 


"Terakhir adalah orang yang suka menyakiti kedua orang tuanya. Menyakiti dengan ucapan, tindakan dan perilaku. Maka itu yang dikhawatirkan menjadi sebab terjadinya suul khatimah. Semoga kita terhindar dari ketiga perbuatan yang dapat menjadi penyebab suul khatimah tersebut," pungkas kiai Abun. 


Pewarta: Riki Baehaki
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×