• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 26 April 2024

Nasional

Muktamar Lampung

3000 Ekslempar Kitab tentang Syekh Nawawi Banten Akan Dibagikan Secara Gratis di Muktamar NU Lampung

3000 Ekslempar Kitab tentang Syekh Nawawi Banten Akan Dibagikan Secara Gratis di Muktamar NU Lampung
3000 Ekslempar Kitab tentang Syekh Nawawi Banten Akan Dibagikan Secara Gratis di Muktamar NU Lampung (Foto: Rizqy/NUJO)
3000 Ekslempar Kitab tentang Syekh Nawawi Banten Akan Dibagikan Secara Gratis di Muktamar NU Lampung (Foto: Rizqy/NUJO)

Bandung, NU Online Jabar 
Sebanyak 3000 ekslempar kitab tentang Syekh Nawawi Banten yakni Kitab Tuhfat al-Qashi wa al-Dani karya Katib Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zulfa Mustofa akan dibagikan secara gratis pada Muktamar NU ke-34 di Lampung nanti. 

Kitab yang mempunyai tebal 258 halaman ini mempunyai judul lengkap:

تحفة القاصي والداني في ترجمة الشيخ محمد نووي بن عمر البنتني : حياته وعصره ومشايخه وزملائه وتلامذته وكتبه وآثاره العلمية للأجيال  الإندونوسية

Diserahkan langsung oleh penulisnya kepada panitia Muktamar NU ke-34 di lantai 4 Gedung PBNU, Jakarta, Sabtu (20/11) kemarin, dan diterima oleh Wakil Ketua Panitia Muktamar KH Ahmad Ishomuddin serta disaksikan langsung oleh Ketua Panitia Muktamar KH Imam Aziz. 

“Kitab berbahasa Arab tersebut cukup istimewa karena menjelaskan tentang berbagai aspek sejarah kehidupan al-Syaikh Nawawi bin Umar al-Banteni secara lebih terperinci dan lengkap, jauh lebih lengkap dari karya-karya ilmiah sebelumnya,” kata Kiai Ishom, sapaan akrab Wakil Ketua Panitia Muktamar NU ke-34 dikutip dari laman Facebooknya pada Ahad (21/11) kemarin. 

Untuk menambah wawasan sejarah dan keilmuan Islam, kiai Ishom menyarankan kepada para kiai dan santri untuk membaca kitab yang bermutu tersebut. Ia juga mengusulkan agar dilakukan penerjemahan ke dalam bahasa Indonesia agar informasi ilmiah mengenai Syekh Nawawi Banten bisa dinikmati oleh para pembaca dalam cakupan yang luas.

Ia juga mengatakan bahwa kitab ini ditulis dengan melakukan riset ilmiah yang sangat teliti dan berhati-hati. “Penulisnya lebih dahulu mengumpulkan data, mengolah, mengklasifikasi, dan telah menganalisisnya dengan baik, bahkan juga mengumpulkan informasi melalui wawancara, dan mengambil suatu simpulan, sehingga menjadi sebuah buku berbahasa Arab yang menambah "gizi" ilmu yang bermanfaat bagi setiap pembacanya,” terangnya. 

Ia juga bersyukur karena telah menjadi bagian dari proses pembuatan kitab ini. Dan menjadi salah seorang yang diwawancara oleh penulisnya pada saat kegiatan Pleno PBNU pada 7 Semptember 2021 lalu, di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Ia mengungkapkan bahwa hasil wawancara tersebut dicantumkan dalam footnote pada halaman 146.

“Panitia Muktamar ke-34 NU menyambut gembira penghadiahan 3.000 eksemplar kitab ilmiah karya KH. Zulfa Musthofa, salah seorang murid utama KH. M.A. Sahal Mahfudz Kajen (alm.), untuk para peserta Muktamar ke-34 NU di Lampung dan juga menghaturkan banyak terima kasih. Jazakumullah khairan katsira,” pungkasnya.

Editor: Agung Gumelar


Nasional Terbaru