Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Sejuta Orang Akan Wukuf di Arafah, Berikut kegiatan Jamaah Haji Indonesia

Sejuta Orang Akan Wukuf di Arafah, Berikut kegiatan Jamaah Haji Indonesia
Sejuta Orang Akan Wukuf di Arafah, Berikut kegiatan Jamaah Haji Indonesia (Foto: umrahnews.com)
Sejuta Orang Akan Wukuf di Arafah, Berikut kegiatan Jamaah Haji Indonesia (Foto: umrahnews.com)

Makkah, NU Online Jabar
Puncak ibadah haji yaitu ketika wukuf di Arafah, sebagaimana Rasulullah menyampaikan bahwa “Haji adalah Arafah.” Tanpa wukuf di Arafah, haji tidak sah. Pada penyelenggaraan haji tahun 1443 Hijriyah yang bertepatan dengan 2022 ini, satu juta jamaah akan berkumpul secara bersamaan pada hari Jum’at 9 Dzulhijjah.   

 

Wukuf kali ini di Arab Saudi berlangsung pada hari Jumat setelah tergelincirnya matahari atau sudah masuk waktu shalat Dhuhur. Namun para jamaah sudah diberangkatkan menuju Arafah sejak Kamis (7/07/2022) dari pukul 07.00 sampai 17.00 WAS secara bergiliran. Diberangkatkan sebelum pelaksanaan ini untuk menghindari kemacetan lalu lintas mengingat satu juta orang secara bersamaan menuju Arafah yang lokasinya 25 kilometer dari Makkah.   

 

Lalu, apa yang yang dilakukan jamaah haji selama wukuf di Arafah? Dari jadwal tentatif yang dirilis Misi Haji Indonesia, rangkaian kegiatan wukuf akan dimulai pukul 11.00 WAS dengan pembacaan talbiyah selama 30 menit. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an.   

 

Dikutip dari NU Online, sejumlah pejabat negara yang direncanakan hadir akan memberikan sambutan, yaitu Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, dan sambutan Amirul Hajj Yaqut Cholil Qoumas.   

 

Acara inti wukuf dimulai ketika masuk waktu shalat Dhuhur pada pukul 12.25 WAS yang ditandai dengan adzan. Kemudian dilanjutkan dengan khutbah wukuf yang akan disampaikan Prof. Muhammad Mukri Wiryosumarto, anggota amirul hajj, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai rektor UIN Raden Intan Lampung.   

 

Usai khutbah wukuf, dilanjutkan dengan shalat jamak taqdim, yaitu shalat Dhuhur dan Ashar dilakukan secara beriringan di waktu shalat Dhuhur. Terakhir, doa wukuf yang akan disampaikan oleh para ulama asal Indonesia, yaitu KH Mustofa Aqil Siroj, Agus Musafir, dan Aay Muhammad Furqon. Setelah doa wukuf selesai, maka jamaah dapat memanfaatkan waktunya untuk memperbanyak ibadah sesuai keinginan masing-masing sampai pemberangkatan jamaah menuju Muzdalifah.   

 

Acara khutbah wukuf tidak terpusat di tenda Misi Haji Indonesia. Di masing-masing tenda dapat menyelenggarakan rangkaian khutbah wukuf. Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) telah menyiapkan naskah yang dapat digunakan untuk materi khutbah wukuf.   

 

Konsultan Ibadah Haji Daker Makkah Prof. Aswadi Syuhadak menyampaikan agar jamaah memanfaatkan waktu wukuf dengan sebaik-baiknya, apalagi wukuf kali ini berlangsung pada hari Jum’at. Ia menyarankan para jamaah untuk memperbanyak dzikir dan doa karena berdoa saat di Arafah mustajab.   

 

"Arafah ini adalah waktu mustajabah, apalagi nanti wukuf di Arafah ini bertepatan dengan hari Jumat. Hari Jumat ini adalah sayyidul ayyam, adalah pemimpin hari-hari," katanya pada Rabu (06/07/2022).  


Editor: Abdul Manap
 

Terkait

terpopuler

rekomendasi

topik

×