• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Kota Tasikmalaya

Puluhan Ribu Santri se-Jawa Barat Penuhi Stadion Wiradadaha Semarakan Hari Santri Nasional 2023

Puluhan Ribu Santri se-Jawa Barat Penuhi Stadion Wiradadaha Semarakan Hari Santri Nasional 2023
Puluhan Ribu Santri se-Jawa Barat Penuhi Stadion Wiradadaha Semarakan Hari Santri Nasional 2023 (Foto: Abdul Manap)
Puluhan Ribu Santri se-Jawa Barat Penuhi Stadion Wiradadaha Semarakan Hari Santri Nasional 2023 (Foto: Abdul Manap)

Tasikmalaya, NU Online Jabar 
Puluhan Ribu santri dari seluruh Jawa Barat memeriahkan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Stadion Wiradadaha, Kota Tasikmalaya, Ahad (22/10/23). 


Tak kurang dari 40 ribu santri dari 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat memenuhi stadion semarakkan Apel Hari Santri Nasional tahun 2023. Acara peringatan tersebut diselenggarakan atas kerja sama Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Kemenag Wilayah Jawa Barat.


Antusiasme warga Nahdliyyin terlihat jelas dalam perayaan ini, menciptakan atmosfer meriah dan penuh semangat. Tidak hanya merupakan momentum refleksi keberagaman santri, tetapi juga sebuah perayaan solidaritas dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan.


Acara puncak HSN tidak hanya mempertontonkan semangat keagamaan, tetapi juga menonjolkan keberagaman ekonomi. Dimeriahkan dengan puluhan bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kemandirian pesantren, peringatan HSN menjadi panggung bagi inisiatif ekonomi lokal. Pesantren-pesantren turut memamerkan produk-produk UMKM mereka, mendukung konsep pemberdayaan ekonomi di tingkat lokal.


Hari Santri tahun ini mengambil tema "Jihad Santri Jayakan Negeri," sebuah tema yang mencerminkan semangat keberanian dan tanggung jawab santri dalam memajukan bangsa. Tema ini bukan hanya pengingat sejarah, tetapi juga ajakan untuk terus berkontribusi dalam membangun keadilan, keberlanjutan, dan kemajuan bagi Indonesia.


Peringatan HSN ini memiliki latar belakang sejarah yang kuat. Diresmikannya Hari Santri Nasional oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 menjadi bentuk pengakuan atas peran penting santri dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Fatwa resolusi jihad yang dikeluarkan oleh Rais Akbar Nahdlatul Ulama, Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, menjadi dasar gerakan santri melawan penjajah. Fatwa ini tidak hanya menyatakan melawan penjajah sebagai kewajiban, tetapi juga menekankan bahwa membela tanah air adalah bagian tak terpisahkan dari iman


Seiring berjalannya waktu, peringatan HSN tidak hanya menjadi momen penghormatan terhadap sejarah perjuangan, tetapi juga menjadi panggung untuk memupuk semangat kebangsaan, keberagaman, dan kemajuan. Semangat perayaan HSN 2023 di Stadion Wiradadaha, Kota Tasikmalaya, menjadi simbol kebersamaan dan tekad santri dalam menjayakan negeri ini.


Kota Tasikmalaya Terbaru