• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 19 April 2024

Nasional

Tema dan Logo Hari Santri 2023 Resmi Diluncurkan

Tema dan Logo Hari Santri 2023 Resmi Diluncurkan
Tema dan Logo Hari Santri 2023 Resmi Diluncurkan
Tema dan Logo Hari Santri 2023 Resmi Diluncurkan

Jakarta, NU Online Jabar
Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) H Yaqut Cholil Qoumas meluncurkan Peringatan Hari Santri Tahun 2023 yang bertempat di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Jakarta, Jumat (6/10/2023).


Hari Santri Nasional 2023 mengangkat tema "Jihad Santri Jayakan Negeri". Tema ini menegaskan sekali bahwa kejayaan dan kemerdekaan negara juga merupakan buah dari jihad atau perjuangan para santri.


Melansir NU Online, selain meluncurkan tema, Gus Yaqut juga meluncurkan logo Hari Santri 2023. Peluncuran tersebut dilakukan secara simbolis dengan menekan tombol di atas panggung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Menteri Agama Saiful Rahman Dasuki.


"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin dalam kesempatan ini selamat hari santri sekaligus me-launching, sampai bertemu di rangkaian Hari Santri, dan sampai bertemu di puncak Hari Santri di Surabaya. Semoga rangkaian Hari Santri berjalan lancar," ujarnya.


Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI M. Ali Ramadhani mengungkapkan tema Hari Santri tahun 2023 sangat aktual dan relevan dengan kehidupan sosial dan keagamaan.


"Kami mengusung tema Jihad Santri Jayakan Negeri. Tema ini kami rasa sangat aktual dan relevan dalam kehidupan sosial dan keagamaan kita hari ini sehingga semoga tema ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat luas," ujarnya.


Peluncuran Tema dan Logo Hari Santri 2023 juga dihadiri oleh  Panglima Santri 2023 Habib Umarsyah, jajaran eselon yang ada di Kemenag.


Sejumlah kegiatan telah disiapkan untuk Peringatan Hari Santri 2023, diantaranya festival seni dan budaya santri dengan nama “Festival Mahrojan” di Kota Lama Semarang pada 14-22 Oktober 2023. Ada tiga kegiatan dalam festival tersebut yaitu “Pameran Seni Rupa”, “Malam Gebyar Seni Budaya”, dan “Melukis Bareng Gus Men dan Gus Mus”. Kemudian Kemandirian Pesantren. 


Kemudian, Kopdar Akbar Kemandirian Pesantren di Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah. Selanjutnya Kirab Santri dengan rute dari Banten ke Surabaya dimulai dari tanggal 8 hingga 22 Oktober.


Nasional Terbaru