• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Kota Bandung

Konfercab PCNU Kota Bandung Diharapkan Bawa Perubahan Positif di Tubuh NU

Konfercab PCNU Kota Bandung Diharapkan Bawa Perubahan Positif di Tubuh NU
Wakil Katib PCNU Kota Bandung KH Mochamad Zaenal Muttaqin. (Foto: Istimewa)
Wakil Katib PCNU Kota Bandung KH Mochamad Zaenal Muttaqin. (Foto: Istimewa)

Bandung, NU Online Jabar
Konferensi Cabang (Konfercab) XIX Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung yang bakal digelar pada tanggal 9-10 Desember 2023, di Pondok Pesantren Sirnamiskin diharapkan mampu membawa perubahan yang positif di tubuh NU.


Hal tersebut disampaikan Wakil Katib PCNU Kota Bandung KH Mochamad Zaenal Muttaqin mengatakan bahwa Konfercab harus mampu melahirkan suksesi kepemipinan NU di kota Bandung yang mampu menciptakan ekositem baik, melahirkan pemimpin yang baik panitia Konfercab harus bersih dan tidak berpihak pada calon-calon lain, maka netralitas panitia perlu dijaga.


Sebab itu, kata dia, Konfercab harus berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku yang diatur AD/ART, Peraturan Perkumpulan (Perkum) dan kebijakan PBNU.


“Panitia Konfercab harus terbuka dengan berbagai macam pandangan dan pemikiran dari segala unsur yang ada di PCNU Kota Bandung,” kata Zaenal, Senin (4/11/2023).


Dia menjelaskan, panitia harus mampu mengakomodir semua Majelis Wakil Cabang (MWC) se-Kota Bandung. Sehingga, lanjut dia, mampu menciptakan ekosistem Konfercab yang bisa membuat PCNU Kota Bandung bisa bersaing dengan PCNU yang ada di pulau Jawa.


ke depan pengembangan PCNU harus fokus pada penguatan institusi NU di cabang, MWC dan ranting-ranting, pelayanan kebutuhan jamiyyah terutama bidang pendidikan dan Kesehatan. Karena semangat NU hari ini dalam nafas misi PBNU terfokus pada perbedayaan umat khususnya penguatan MWC sampai tingkat Ranting tidak lagi hanya tersentral pada salah satu pondok pesantren atau lembaga pendidikan.


“Ternyata Bandung ini PCNU sangat minimalis dengan segala bidang, begitu tertinggal dalam pergerakan. Untungnya pengajian syuriah PCNU Kota Bandung senantiasa mengadakan pengajian, jadi tetap eksis dengan pengajian,” jelasnya.


“Khusus di PCNU, terkait ada pandemi karena belum siap lagi untuk star berjuang masih terkendala dengan berbagai macam urusan. Menjalankan menuju konfercab dengan hati-hatian. Kita siap bekerja, berjuang, dan memajukan PCNU Kota Bandung, dan mensejajarkan diri dengan PCNU-PCNU yang lainnya,” tandasnya.


Dia berharap PBNU dan PWNU Jabar diharapkan hadir pada Konfercab PCNU Kota Bandung ke-XIX jadi pengawas dan wasit memantau kelancaran Konfercab. Mengingat stategis posisi PCNU Bandung sebagai wajah baru NU perkotaan maka diperlukan figur yang sejalan dengan semangat zamannya.


Kota Bandung Terbaru