• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 13 April 2024

Kabupaten Sukabumi

Festival Marawis se-Jabar, Pentas Kreasi Santri Hingga Tabligh Akbar Meriahkan Milad ke-39 Ponpes Nurul Huda 

Festival Marawis se-Jabar, Pentas Kreasi Santri Hingga Tabligh Akbar Meriahkan Milad ke-39 Ponpes Nurul Huda 
Festival Marawis se-Jabar, Pentas Kreasi Santri Hingga Tabligh Akbar Meriahkan Milad ke-39 Ponpes Nurul Huda 
Festival Marawis se-Jabar, Pentas Kreasi Santri Hingga Tabligh Akbar Meriahkan Milad ke-39 Ponpes Nurul Huda 

Sukabumi, NU Online Jabar
Pondok Pesantren Nurul Huda Yaspin, Cibolang Kidul, Cisaat Kabupaten Sukabumi menggelar acara Milad yang ke-39 dengan mengusung tema "Menebar Cahaya Membangun Peradaban" yang diselenggarakan selama satu bulan, dari tanggal 11 Juli hingga 8 Agustus 2022 sebagai puncaknya.

 

Rangkaian acara pada Milad tersebut diisi dengan perlombaan dan festival, yaitu diantaranya Festival Marawis se-Jawa Barat, perlombaan Musabaqah antar santri Nurul Huda, Bahtsul Kutub, Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK), Hapalan dan talaran Kitab, Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Dakwah, dan Shalawat antar Santri. 

 

Pada perayaan puncak Milad dimeriahkan dengan Pentas Kreasi Santri , Tabligh Akbar dari Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) KH Khaerul Anam, dan Qori Internasional KH Zaenal Abidin.

 

Penanggung Jawab Acara, Moch Fahmi Amirudin menerangkan, perlombaan tersebut di bagi menjadi beberapa tingkatan, khusus untuk festival di bagi menjadi dua kategori, kategori pelajar dan kategori umum.

 

"Kegiatan Festival Marawis ini diselenggarakan Setiap tahunnya. Pelaksanaan ini merupakan kali kelima, setelah vakum dua tahun karena Pandemi Covid-19," terangnya.

 

Festival Marawis kali ini merebutkan piala tetap Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, serta Piala Bergilir Yayasan dan uang Pembinaan dengan total Hadiah 10 Juta Rupiah 

 

Sementara itu, Ketua Panitia Syahrul Ramadhan berharap kegiatan tersebut menjadi pendorong para santri dalam syi'ar agama dengan penuh kreativitas

 

"Kegiatan ini senantiasa bisa menjadi pendorong para santri dengan semangat Milad Pondok Pesantren Nurul Huda yang ke-39 untuk menyiarkan agama dengan penuh kreativitas salah satu nya dengan kesenian Marawis," tuturnya

 

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara merasa bangga atas diselenggarakannya Milad Ponpes Nurul Huda dengan menampilkan talenta para santri.

 

"Menghaturkan rasa bangga lihat para santri mengikuti kompetisi ini dengan baik, tadi pun sudah di daulat para juaranya yang sangat luar biasa, dan menjadi satu kebanggaan untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten sukabumi karena mempunyai santri yang sangat luar biasa dalam mengedepankan keagamaan melalui bingkai kesenian musik Islami," tuturnya saat diwawancara usai menyerahkan hadiah

 

Lanjutnya, Yudha berharap agar syi'ar yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Nurul Huda bisa dicontoh oleh pesantren lainnya yang ada di Kabupaten Sukabumi

 

"Acara seperti ini semoga bisa di ikuti oleh Pondok Pesantren lain di Kabupaten Sukabumi mengingat begitu banyak Pondok Pesantren di Kabupaten Sukabumi yang begitu banyak potensi sehingga dapat menghasilkan santri-santri terbaik dari Kabupaten Sukabumi, Insya Allah kami dari pihak DPRD Kabupaten Sukabumi akan senantiasa selalu suport," harapnya.

 

Perlu diketahui, kejuaraan tingkat pelajar juara 1 di raih oleh tim Khaerunisa, Juara 2 Izzatul Haibah. dan tim El-Fatrah sebagai jura ke 3. 

 

Sementara, tingkatan umum juara 1 di raih oleh tim Marawis Al Manan, Juara 2 di raih oleh tim Marawis M Haki, dan Juara 3 diraih oleh tim hajir Marawis Lailatul Qadar. 

 

Pewarta: M. Taufiq Yanuar Hidayat
Editor: Abdul Manap


Kabupaten Sukabumi Terbaru