• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kabupaten Cirebon

Medical Check Up Gratis, Cara LKNU Kabupaten Cirebon Wujudkan Ramadan Sehat

Medical Check Up Gratis, Cara LKNU Kabupaten Cirebon Wujudkan Ramadan Sehat
Registrasi Peserta yang Ikut Medical Check Up LKNU Kabupaten Cirebon. (Foto: Sofhal Adnan).
Registrasi Peserta yang Ikut Medical Check Up LKNU Kabupaten Cirebon. (Foto: Sofhal Adnan).

Cirebon, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cirebon melalui Lembaga Kesehatan (LK) menggelar aksi sosial berupa Medical Check Up Gratis dan Donor Darah. Kegiatan yang berlangsung pada Rabu, (20/3/2024) di Klinik Intan Arjawinangun itu bertajuk “Ramadan Sehat Bersama NU”.


Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Cirebon, Iib Mukhibulloh mengatakan, terselenggaranya aksi sosial Medical Check Up Gratis itu berkat kerja sama dengan Klinik Intan Arjawinangun dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Cirebon.


Pelayanan Medical Check up yang disediakan LKNU di antaranya tes gula darah, asam urat dan kolesterol. LKNU mengutus Azharul Zidni sebagai tim medis pelaksana medical Check up. Tidak hanya medical check up, pihaknya juga menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Cirebon untuk donor pelaksanaan donor darah.


Salah seorang petugas registrasi dalam kegiatan ini Achmad Subandimencatat ada 61 pendonor yang sekaligus melakukan Medical Check Up. Para peserta begitu antusias mengikuti Medical Check Up.


“Sebenarnya jumlah calon pendonor yang hadir mencapai lebih dari 70 orang, sayangnya donor darah dibatasi hanya 60 peserta dengan pertimbangan waktu,” ujar pengurus LAZISNU Kabupaten Cirebon itu.


Ia mengatakan, warga begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, selain gratis Medical Check Up, pendonor mendapatkan bingkisan berisi beras, minyak goreng, gula, sunlight, pop mie, teh botol dan wafer.


Lebih lanjut, Subandi menyebutkan bahwa hasil Medical Check Up yang dihimpun LKNU menunjukkan seluruh peserta yang cek asam urat masih dalam normal. Sayangnya, saat uji kolesterol, ada 6 orang yang angka kolesterol cukup tinggi dan 7 orang dengan kadar gula berlebih.


“Ini menunjukkan bahwa problem kolesterol dan gula menjadi tantangan dunia kesehatan di Cirebon,” tutur Ketua LKNU, Iib Mukhibulloh.


Hal senada dikatakan oleh Direktur Klinik Intan, dr. Dedy Setriyadi, MH.Kes. Ia mengatakan, kerja sama dengan LKNU dan LAZISNU rutin dilaksanakan setiap Ramadhan. “Tahun lalu kami mengadakan acara serupa, pesertanya banyak, dan tahun ini ternyata lebih banyak lagi,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua LAZISNU Kabupaten Cirebon, Ade Faizal Alami menjelaskan bahwa aksi sosial ini merupakan ikhtiar Nahdlatul Ulama peduli dengan kesehatan warga.


“Ini merupakan ikhtiar NU Peduli Kesehatan,” pungkasnya.


Kabupaten Cirebon Terbaru