• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Kabupaten Bandung

Ponpes Al-Qur'an Al-Falah 2 Nagreg Jadi Lokasi Gelaran Harlah JQHNU ke-73 di Jawa Barat

Ponpes Al-Qur'an Al-Falah 2 Nagreg Jadi Lokasi Gelaran Harlah JQHNU ke-73 di Jawa Barat
Ponpes Al-Qur'an Al-Falah 2 Nagreg Jadi Lokasi Gelaran Harlah JQHNU ke-73 di Jawa Barat
Ponpes Al-Qur'an Al-Falah 2 Nagreg Jadi Lokasi Gelaran Harlah JQHNU ke-73 di Jawa Barat

Kabupaten Bandung, NU Online Jabar
Pimpinan Wilayah (PW) Jam'iyyatul Qurra wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Jawa Barat mengelar Peringatan Hari Lahir (Harlah) JQHNU yang ke-73 bertempat di Pondok Pesantren Al-Qur'an Al-Falah 2 Nagreg Kabupaten Bandung, Senin (5/2/2024). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Barat KH Juhadi Muhammad, Rais Majelis Ilmi JQHNU Jawa Barat KH Lukman Hakim, Ketua JQHNU Jawa Barat KH Cecep Abdullah Syahid, Pemda Kabupaten Bandung, Camat dan jajaran, Kepala Kemenag Kabupaten Sumedang, serta pengurus Cabang JQHNU se-Jawa Barat.


Ketua Pelaksana kegiatan KH Agus Lani Muslim melaporkan, rangkaian harlah tersebut telah dimulai sejak sekira 5 hari lalu yang diawali dengan Musabaqoh Tiktoker Al-Qur'an (MTQ). Ia menjelaskan, musabaqoh tersebut akan diprogramkan oleh JQHNU menjadi sebuah tradisi JQH. 


Menurutnya, ini merupakan ciri JQHNU turut kepada tradisi al muhafadzoh ala qodimissholih wal akhdzu bijadiidil ashlah


"Hari ini kita hidup di dunia maya, jadi manfaatkan itu untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Oleh karena itu terhimpunlah kemudian 136.000 peserta tiktoker. ini luar biasa. Ada bidang tilawah, ada bidang murotal yang dewan hakimnya pun itu ada di dunia maya. Nanti kita akan tunggu pengumumannya siapa juaranya di bidang tilawah, murotal, insya allah ada hadiahnya," jelasnya. 


Kiai Agus juga menuturkan, selain itu ada kegiatan khotmil quran yang diikuti oleh 1.272 qori qoriah, hafidz hafidzoh dengan metode simaan. Setelah itu, ada Al-Qur'an Award.


"Jadi JQH ini akan menganugrahkan penghargaan kepada tokoh yang sangat berjasa terhadap dinamika dan perkembangan soal Al-Qur'an. Bahkan sudah di wacanakan kedepan ketika harlah nanti ada penghargaan juga buat lembaga. Saat Ini karena waktunya mepet jadi ada penghargaan buat tokoh-tokoh saja yang berjasa terkait dengan kemajuan dan perkembangan Al-Qur'an," tuturnya. 


Selain itu, ia juga menjelaskan terkait tema harlah yg ke 73 yakni Munajat cinta bersama Al-Qur'an untuk Indonesia Damai dan Harmonis. "Ini bukan politis tetapi adalah tuntutan nurani kita bahwa kita sebentar lagi akan menyelenggarakan pemilu. Tentu sebagai santri, sebagai qori qoriah hafidz hafidzoh, wajib mendoakan supaya negara kita aman ,damai, tentram sejahtera dan berujung harmoni itu yg paling penting. Maka nanti akan ada munajat quran," tandasnya.


Selain itu, Ketua JQHNU Jawa Barat KH Cecep Abdullah Syahid bersyukur, JQHNU telah mencapai umur yang cukup dewasa yakni ke-73 tahun.


"Mudah-mudahan membawa kemanfaatan membawa keberkahan untuk kita semua," pungkasnya.


Kabupaten Bandung Terbaru