• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 20 April 2024

Kabupaten Bandung

Halaqah JATMAN, Habib Umar Assegaf: Laksanakan Apa yang Jadi Petunjuk dan Bimbingan Mursyid

Halaqah JATMAN, Habib Umar Assegaf: Laksanakan Apa yang Jadi Petunjuk dan Bimbingan Mursyid
Halaqah JATMAN, Habib Umar Assegaf: Laksanakan Apa yang Jadi Petunjuk dan Bimbingan Mursyid
Halaqah JATMAN, Habib Umar Assegaf: Laksanakan Apa yang Jadi Petunjuk dan Bimbingan Mursyid

Bandung, NU Online Jabar
Jam’iyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah (JATMAN) Idaroh Wustha Jawa Barat dan Idarah Syu’biyyah Bandung mengadakan Halaqoh JATMAN dan Pelantikan Wathonah Jawa Barat di Pondok Pesantren Ats-Tsaqofah Sadang Paseh Majalaya pada Ahad (11/12) lalu. Dalam kegiatan yang digelar tiga bulan sekali itu, Pengasuh Pondok Pesantren Ats-Tsaqofah Sadang Paseh Majalaya Habib Umar Assegaf menuturkan jika dirinya siap melaksanakan tugas dari JATMAN sebagaimana kegiatan halaqah triwulan dan pelantikan Pengurus Wathonah Jawa Barat.


“Para habaib dengan kecintaan serta bimbingan para guru yang menggunakan cara yakni thariqah, melalui cerminan daripada cucu cicit Baginda Rasul, Maulana Al Habib Luthfi bin Yahya, senantiasa memberikan kesejukan dalam garis Ahlussunah wal Jamaah an-Nahdliyyah, kita semua senantiasa melaksanakan apa yang menjadi petunjuk serta bimbingan para mursyid dalam menebarkan nilai cinta dan kasih sayang, dan mengsyiarkan kebaikan. Para ulama senantiasa menjadi gambaran dan cerminan berupa bentuk kasih sayang seperti yang dicontohkan Rasulullah, dan seluruh ulama itu baik.” paparnya.


Habib Umar Assegaf juga mengatakan, ulama yang baik adalah ulama yang menjadi oase positif ketika memberikan tausiyah dan bimbingan ruhani bagi jamaahnya dan menjadi bekal setelah hadir dalam majelisnya tidak menimbulkan perasaan ingin benar sendiri.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua JATMAN Jawa Barat KH. Eep Nuruddin menyampaikan dengan adanya pengurus Wathonah Jawa Barat, semoga menjadikan JATMAN lebih semangat dalam mengsyiarkan thariqah.


“Sebagaimana pesan Maulana habib Luthfi bin Yahya, bahwasanya nilai-nilai berthariqah sudah harus dimulai dari sejak dini dan semoga sinergritas wathonah selaku kaum ibu dapat ikut berperan di dalam khasanah kethariqahan di Nusantara ini. Niat dan ikrar pengurus sudah di ucapkan, melalui sumpah tersebut mari kita bersama-sama menjalankan khidmah kepada guru-guru kita semua.” jelasnya seperti yang dilansir dari website jatman.or.id.


Sebagai informasi, kegiatan tersebut juga digelar pelantikan Lajnah Wathonah dengan ketuanya, Nyai Hj Sihah Wal Afiah. Pelantikan tersebut dipimpin oleh Mudir JATMAN Idarah Wustha Jawa barat, KH Eep Nuruddin, dan dihadiri oleh Sekjen JATMAN Idarah Aliyah KH Mashudi, yang didampingi wakil Sekjen KH Muhamad Harun Ar.


Acara tersebut dihadiri oleh 27 Idarah Syu’biyah JATMAN Se-Jawa Barat dan dilanjutkan dengan pengajian kitab Tajul Arusy karangan Imam Ibnu Athailah as-Sakandari. Setelah itu, acara diakhiri dengan melakukan penggalangan donasi untuk korban gempa di tujuh kecamatan di Kabupaten Cianjur, khususnya kepada pengurus JATMAN yang terdampak.


Pewarta: Yusup Setiawan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Kabupaten Bandung Terbaru