Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Ponpes Tahfidul Qur'an Al-Hadi Gelar Peringatan Haul Pertama Mursyid TQN Ciamis

Ponpes Tahfidul Qur'an Al-Hadi Gelar Peringatan Haul Pertama Mursyid TQN Ciamis
Ponpes Tahfidul Qur'an Al-Hadi Gelar Peringatan Haul Pertama Mursyid TQN Ciamis. (Foto: Jatman Online).
Ponpes Tahfidul Qur'an Al-Hadi Gelar Peringatan Haul Pertama Mursyid TQN Ciamis. (Foto: Jatman Online).

Ciamis, NU Online Jabar
Pondok Pesantren Tahfidul Qur'an Al-Hadi yang berlokasi di Desa Purwajaya, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, menggelar Peringatan Haul Kiai Nurhadi bin Kiai Mahmud Hamdari yang diselenggarakan selama 4 hari, terhitung sejak tanggal  21-24 Juli 2022. Acara tersebut berlangsung dengan beberapa rangkaian acara yang diawali dengan Tawajuhan dan ditutup dengan Gebyar Shalawat.


Dilansir dari jatman.or.id, Kiai Nurhadi merupakan ulama yang juga sebagai Mursyid Thariqah Qadiriyah wa Naqsabandiyah yang terhubung jalurnya ke Syekh Sanusi Banjar. ia mengenyam pendidikan agama di Ponpes Minhajut Thullab Banyuwangi di bawah asuhan KH. Abdullah Manan sejak tahun 1961, dan pulang saat peristiwa G30S PKI pada tahun 1965.


Setelah mencari ilmu di Banyuwangi, Kiai Nurhadi kemudian melanjutkan pendidikannya ke Ponpes Al-Bayan Bendasari Majenang di Bawah asuhan KH. Najmuddin As-Syuhud hingga tahun 1970. Barulah setelah menyelesaikan pendidikan syariatnya, Kiai Nurhadi berkesempatan untuk mendalami Tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah, langsung di bawah bimbingan Syekh Sanusi pada tahun 1971 dan diangkat sebagai mursyid TQN oleh Syekh Muhammad Sa’dun Sanusi pada tahun 1993 untuk wilayah Kecamatan Purwadadi.


Bahkan tidak hanya menjadi ulama thariqah saja. Kiai Nurhadi juga aktif di berbagagai organisasi, yaitu menjadi Ketua GP Ansor Kecamatan Lakbok (1965), Ketua MWC PPP Kecamatan Lakbok (1992), Mustasyar NU Kecamatan Purwadadi (2018-2023), Dewan Penasihat Ikatan Persatuan Santunan Anak Yatim (IPSAY) dan terakhir menjabat sebagai Ketua Majelis Ifta JATMAN Purwadadi.  


Dalam kesempatan yang sama, dilaksanakan pula kegiatan pelantikan JATMAN Ghusniyyah Purwadadi dan Ghusniyyah Pamarican yang dipandu oleh Mudir Idaroh Wustho JATMAN Jawa Barat serta pembacaan SK Kepengurusan oleh Mudir Idaroh Syu’biyyah Ciamis.


Kegiatan tersebut diapresiasi langsung oleh putra Kiai Nurhadi, Kiai Muhdi Holil S.Sos.I, M.Si, yang meneruskan perjuangan ayahnya menjadi Pengasuh Ponpes Al-Hadi sekaligus menjabat sebagai Mudir Ghusniyah JATMAN Purwadai dengan memyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada JATMAN Jawa Barat dan Ciamis karena telah ikut mengisi rangkaian acara haul, terutama bisa terselenggaranya pelantikan dua Idarah Ghusniyyah yang dilanjutkan dengan halaqah.


Sebagai informasi, hadir pula dalam kegiatan tersebut Kiai Tatang Nawawi S.Pd.I sebagai Mudir Syu’biyyah Ciamis dan Dr. KH. Eep Nuruddin M.Pd.I selaku Mudir Idaroh Wustho JATMAN Jawa Barat yang pada kesempatan tersebut kembali menekankan pentingnya thariqah dan pentingnya berguru kepada guru mursyid dengan redaksi, sanad dan syahadah yang bersambung pada Rasulullah saw.


Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

terpopuler

rekomendasi

topik

×