Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Menyayangi Semua Orang

Menyayangi Semua Orang
(Ilustrasi: NUO).
(Ilustrasi: NUO).

Oleh: KH Husein Muhammad
Hanya Yang Maha Pengasih yang akan masuk surga. Dikatakan, Ya Rasulullah, kami semua adalah penyayang. Dia mengatakan bukan salah seorang dari kalian akan dikasihani temannya, tetapi belas kasihanilah seseorang akan dikasihani manusia. 

 

Diriwayatkan oleh Al-Bazar. Kamu akan mendapat rahmat dari semua makhluk, karena mereka adalah hamba Allah dan mereka mendurhakai. (Pembukaan sipil dalam umat beragama, Syekh Nowi Bintin. Pagi 9).

 

لا يدخل الجنة إلا رحيم. قيل يارسول الله كلنا رحيم. قال ليس أن يرحم احدكم صاحبه انما الرحمة أن يرحم الناس . رواه البزار . فعليك برحمة الخلق اجمع فانهم عبيد الله وان عصوا . (الفتوحات المدنية فى الشعب الايمانية، الشيخ نووى بنتن . ص ١٨).
 

"Tidak masuk sorga, kecuali orang yang menyayangi". Para sahabat mengatakan: "Wahai Nabi, kami sudah saling menyayangi". Nabi: " Bukan hanya seseorang menyayangi temannya, melainkan menyayangi semua manusia". Maka sayangilah semua ciptaan Allah. Karena mereka adalah hamba-hamba Allah. (Al-Futuhat al-Madaniyyah, hlm. 18, karya Kiyai/syeikh Nawawi al Bantani).

 

Sumber: FB Husein Muhammad

Terkait

Hikmah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik