• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Garut

Lantik Fatayat NU Banjarwangi, Hj Ai Sadidah Ajak Kader Jaga Kondusifitas dan Kebersamaan Jelang Pemilu 2024

Lantik Fatayat NU Banjarwangi, Hj Ai Sadidah Ajak Kader Jaga Kondusifitas dan Kebersamaan Jelang Pemilu 2024
Lantik Fatayat NU Banjarwangi, HJ Ai Sadidah Ajak Kader Jaga Kondusifitas dan Kebersamaan Jelang Pemilu 2024
Lantik Fatayat NU Banjarwangi, HJ Ai Sadidah Ajak Kader Jaga Kondusifitas dan Kebersamaan Jelang Pemilu 2024

Garut, NU Online Jabar
Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Garut Hj Ai Sadidah mengajak seluruh kader Fatayat untuk dapat menyukseskan gelaran pemilu 2024. Hal itu ia sampaikan saat melantik pengurus anak cabang (PAC) Fatayat Banjarwangi di Aula Kantor Kecamatan Banjarwangi pada Sabtu (25/11/2023). 


"Saya mengajak sahabat-sahabat Fatayat NU untuk dapat menyukseskan gelaran pemilu 2024. Salah satunya yakni dengan datang ke TPS pada Rabu 14 Februari 2024 nanti  dengan harapan pemilu 2024 mampu menghasilkan para wakil rakyat yang jujur, para pemimpin yang dapat membawa Indonesia ke arah semakin maju dan sejahtera. Dan semoga, berkat para wakil rakyat itu, Indonesia dapat menjadi negeri yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur yakni negeri yang selalu ada dalam rida Allah SWT," ucap Hj Ai Sadidah saat dihubungi NU Online Jabar, Ahad (26/11/2023). 


Hj Ai Sadidah menjelaskan, kesuksesan gelaran pemilu 2024 dapat dipengaruhi oleh kondusifitas para peserta pemilu, termasuk di dalamnya para pemilik suara. Menurutnya, kondusifitas pemilu dapat dibuktikan dengan terjalinnya persatuan dan kesatuan diantara sesama warga.  


"Saya menitipkan ke sahabat-sahabat di tingkat bawah untuk tetap menjaga kebersamaan dan suasana pemilu yang kondusif, berjalan lancar, dan damai. Para sahabat sebagai pemilih tidak alergi dengan perbedaan pilihan politik. Meskipun pilihan politik bisa saja berbeda-beda, namun persatuan dan kesatuan tetap harus diutamakan," tutur puteri dari salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama  (PBNU) KH Muhammad Nuh Addawami itu.  


Gema Patayat NU Garut Zona Selatan 


Selain itu, Hj Ai Sadidah mengatakan bahwa bulan November 2023 merupakan bulannya Fatayat NU di zona Garut Selatan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena di bulan November hampir di setiap pekannya diisi dengan kegiatan ke-Fatayatan sebagaimana berikut: 

 
  1. Latihan Kaderisasi Dasar (LKD) PAC NU Cisompet dengan dihadiri 100 peserta, pada Ahad (12/11/2023). 
  2. Pelantikan PAC Fatayat Pamulihan, pada Sabtu (18/11/2023).
  3. LKD Fatayat PAC Pamulihan, Pakenjeng, Mekarmukti, Caringin, Cikelet, Cibalong, Cisewu dan Talegong dengan peserta masing-masing tiap PAC 20 orang, pada Ahad (19/11/2023). 
  4. Pelantikan PAC Fatayat Banjarwangi, pada Sabtu (25/11/2023). 


Mengenai hal itu, Hj Ai Sadidah mengungkapkan kegiatan ke-Fatayatan dilaksanakan untuk membentuk kader yang berwawasan Islam Ahlussunnah Waljamaah, memiliki militansi dan loyalitas, serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap organisasi. Menurutnya secara khusus LKD itu diadakan bertujuan antara lain untuk menciptakan kader yang militan yang memiliki komitmen terhadap organisasi, menumbuh kembangkan wawasan dan nilai-nilai kebangsaan serta kerakyatan, menumbuh kembangkan nilai-nilai Islam Ahlussunnah Waljamaah, menumbuh kembangkan kesadaran posisi perempuan sebagai hamba Allah dan sekaligus sebagai khalifah di muka bumi, dan mencetak kader yang memahami organisasi, manajemen, kepemimpinan dan komunikasi. 


Lebih lanjut Hj Ai Sadidah menambahkan bahwa pelantikan dan rapat kerja dilaksanakan sebagai mekanisme organisasi untuk konsolidasi internal dengan penguatan kelembagaan di setiap tingkatan baik tingkat  PAC, ranting hingga anak ranting.  


"Dalam rangka penguatan kelembagaan ini juga, dalam pelantikan dan raker PAC itu yang diamanatkan untuk menjadi prioritas program adalah pembentukan ranting (desa) dan anak ranting yang berbasis majelis taklim," paparnya. 


Sebagai informasi Fatayat NU Pamulihan dan Banjarwangi merupakan dua dari 40 PAC yang sudah dibentuk PC Fatayat NU Garut. Dua PAC di Garut Selatan itu tergolong sebagai PAC baru yg dibentuk dan dilantik dalam masa kepengurusan masa khidmat 2020-2025. Dari 42 kecamatan di Kabupaten Garut, yang sudah terbentuk kepengurusan Fatayat NU adalah di 40 kecamatan (PAC), sisanya tinggal 2 PAC. 


Pada kesempatan yang sama pula di tanggal 25 November 2023 diadakan festival qasidah/rebana dan tablig akbar yang dilaksanakan PAC Fatayat NU Bungbulang yang kegiatannya dipusatkan di Alun-alun Bungbulang. Peserta yang mengikuti festival adalah  22 group qasidah dalan kategori umum. Kegiatannya dilaksanakan dalam rangka memperingati HSN 2023. 


Hj Ai Sadidah berharap dengan adanya festival qasidah, maka akan semakin meluaskan sosialisasi terkait keberadaan Fatayat NU sehingga selanjutnya dapat menarik simpati kelompok perempuan muda Bungbulang untuk bergabung dengan Fatayat NU.


"Sebagai ketua PC Fatayat NU Garut, saya mengapresiasi kegiatan festival. Festival  dapat dipandang sebagai salahsatu cara melestarikan tradisi kearifan lokal sebagai bagian media dakwah Fatayat NU melalu seni," tandasnya. 


Garut Terbaru