Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Salurkan Donasi di 80 Titik Pengungsian, PMII Jabar Doakan Korban Gempa Cianjur Segera Pulih dan Bangkit

Salurkan Donasi di 80 Titik Pengungsian, PMII Jabar Doakan Korban Gempa Cianjur Segera Pulih dan Bangkit
Salurkan Donasi di Sejumlah Titik, PMII Jabar Doakan Korban Gempa Cianjur Segera Pulih dan Bangkit
Salurkan Donasi di Sejumlah Titik, PMII Jabar Doakan Korban Gempa Cianjur Segera Pulih dan Bangkit

Cianjur, NU Online Jabar
Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Barat telah mendistribusikan paket logistik kepada korban gempa bumi di Cianjur. Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Alam (LPBA) PMII Jawa Barat Syahrul Umar mengajak warga sekitar untuk bangkit berjuang membangun daerahnya kembali.


Syahrul menjelaskan, pendistribusian logistik tersebut melalui mekanisme pendirian Posko bantuan PKC PMII Jawa Barat sebagai tempat penampungan logistik dari para donatur dan disalurkan langsung kepada korban terdampak.


"Selama kurang lebih 10 hari PKC PMII mendirikan Posko bantuan telah menerima bantuan dari 30 donatur dan didistribusikan langsung ke 80 titik pengungsian korban gempa bumi," jelasnya.


Syahrul juga mengatakan, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin dengan tim dalam memantau dan mendistribusikan logistik untuk korban gempa bumi Cianjur. "Kami sangat berharap agar masyarakat sekitar daerah terdampak mampu bangkit dan berjuang untuk membangun daerahnya kembali, tentunya hal ini harus ditopang oleh pemerintah agar proses recovery dapat berlangsung secara teratur," paparnya.


"Kami selaku mahasiswa akan senantiasa mengawal perjalanan recovery ini agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Karena bagi kami untuk membangun kembali bukan hal yang mudah, butuh keseriusan pemerintah dan keluasan hati korban yang terdampak, butuh waktu yang lama pula dalam realisasinya," tambahnya.


Menurut Syahrul, sampai hari ini warga masih banyak yang bermukim di tenda pengungsian. Ia menilai, perhatian dan support harus tetap diupayakan, keberlangsungan hidup warga yang terdampak bencana tersebut harus diatur sebaik mungkin agar tidak terjadi hal yang tidak inginkan.


"Ini musibah yang menjadi perhatian bersama. Kami juga berharap agar unsur pemerintah yang berkapasitas dalam kebencanaan bisa lebih ekstra dalam mentransformasikan edukasi mitigasi bencana, hal ini penting untuk mengurangi resiko bencana yang terjadi.,"


Sementara itu, Ketua PKC PMII Jawa Barat Aprilia Eka Dani berharap, warga terdampak gempa bumi di Cianjur dapat menerima dengan lapang dada dan berjuang kembali untuk membangun daerahnya.


"Semoga cepat pulih dan bangkit kembali," tandasnya.


Sebagai informasi, total uang yang masuk ke rekening PKC PMII Jawa Barat untuk korban gempa di Cianjur berjumlah Rp 2.556.000,00. Selain itu, barang-barang yang berhasil di donasikan kepada masyarakat berupa pakaian layak pakai, obat-obatan, beras, air mineral, terpal, minyak goreng, mie instan, karpet tidur, selimut, pampers bayi, sendal jepit, makanan anak-anak, dan alat sholat.


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

terpopuler

rekomendasi

topik

×