Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Pesantren Al-Hidayah Limbangan Apresiasi Bantuan Sosial Warga NTT 

Pesantren Al-Hidayah Limbangan Apresiasi Bantuan Sosial Warga NTT 
Sejumlah warga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam Komunitas NTT Jabodetabek menyambangi Pesantren Al-Hidayah, Rancapanjang, Limbangan (Foto: NU Online Jabar: Aiz)
Sejumlah warga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam Komunitas NTT Jabodetabek menyambangi Pesantren Al-Hidayah, Rancapanjang, Limbangan (Foto: NU Online Jabar: Aiz)

Garut, NU Online Jabar
Sejumlah warga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam Komunitas NTT Jabodetabek menyambangi Pesantren Al-Hidayah, Rancapanjang, Limbangan, Garut untuk menggelar kegiatan bakti sosial dengan melakukan penyemprotan disinfektan dan memberikan sumbangan, Sabtu (21/8/2021).

Salah seorang pengurus Pesantren Al-Hidayah, Gan Gan Abdul Jabar mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas perhatian dan kepedulian warga NTT terhadap pesantren, diharapkan dengan adanya bakti sosial ini bisa meningkatkan kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa.

"Inilah nikmat persaudaraan yang harus terus kita syukuri dan rawat bersama," ujar Gan Gan.

Gan Gan menambahkan, tidak semua warga di dunia bisa merasakan nikmat persaudaran ini, sebab sampai hari ini ada beberapa negara yang masih berkecamuk dengan perang saudara yang tak kunjung selesai.

“Misalnya terakhir Afghanistan, padahal konon semua warga negaranya adalah muslim. Orang-orang di sana tentu sangat merindukan dengan kehidupan seperti yang sedang kita alami di sini,” tandasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, NTT dan Garut  punya latar belakang, suku, dan budaya yang berbeda, namun hal ini tidak kemudian menjadikan sekat untuk saling berbagi satu sama lain karena semua Warga Negara Indonesia disatukan dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Semoga apa yang dilakukan oleh saudara-saudara kita dari NTT ini bisa menjadi contoh sekaligus inspirasi untuk memperkokoh nilai-nilai toleransi sesama anak bangsa,” imbuhnya.

Sementara itu, Komunitas NTT Jabodetabek yang mengunjungi Pesantren Al-Hidayah tersebut menyumbangkan sejumlah bantuan berupa sajadah, cat tembok, makanan ringan, peralatan kamar mandi dan sebagainya. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah tempat seperti masjid, kobong, dan rumah kiai.

Pewarta: Aiz Luthfi

Editor: Abdullah Alawi

Terkait

Pesantren Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×