• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 13 April 2024

Opini

KOLOM BUYA HUSEIN

Syekh Yusuf al-Qaradhawi dan Natal

Syekh Yusuf al-Qaradhawi dan Natal
Syekh Yusuf al Qaradhawi dan Natal
Syekh Yusuf al Qaradhawi dan Natal

Ada santriku yang bertanya pandangan Syeikh Yusuf al Qardhawi tentang mengucapkan Natal, yang konon diragukan sebagian orang. Maka, aku membuka websitenya,dan membaca lagi: Al-Qaradhawi.net.com


موقع سماحة الشيخ يوسف القرضاوی


تهنئة أهل الكتاب بأعيادهم


فالإسلام لم يمنعنا أبدًا أن نحسن المعاملة مع زملائنا وجيراننا من غير المسلمين. وفي الأعياد يهنئه، فما المانع من أن يجامله المسلم؟ قال الله تعالى: {وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا} (النساء:86).


Islam tidak melarang sama sekali kita berbuat/berelasi baik dengan teman-teman dan tetangga kita yang non muslim. Dan mengucapkan selamat Natal. Apa yang menghalangi seorang muslim bergaul baik dengannya. Allah berfirman : "Jika kalian dihormati, maka balaslah dengan cara yang lebih baik atau yang sama"


الأساس في معاملة أهل الكتاب وغيرهم من غير المسلمين آيتان من كتاب الله عز وجل في سورة الممتحنة: {لَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ * إِنَّمَا يَنْهَاكُمُ اللَّهُ عَنِ الَّذِينَ قَاتَلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَأَخْرَجُوكُمْ مِنْ دِيَارِكُمْ وَظَاهَرُوا عَلَى إِخْرَاجِكُمْ أَنْ تَوَلَّوْهُمْ وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ فَأُولَئِكَ هُمُ الظَّالِمُونَ} (الممتحنة:8-9).


Dasar berelasi sosial dengan ahl al Kitab dan non muslim adalah dua ayat al Quran surah al Mumtahanah, 8 dan 9).


"Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai"


"Sesungguhnya Allah hanya melarang kamu menjadikan sebagai kawanmu orang-orang yang memerangimu karena agama dan mengusir kamu dari negerimu, dan membantu (orang lain) untuk mengusirmu. Dan barangsiapa menjadikan mereka sebagai kawan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim,".


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU


Opini Terbaru