• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 26 Februari 2024

Opini

KOLOM KH IMAM NAKHA'I

Jangan Curang, Menambah dan Mengurangi Suara dalam Pemilu

Jangan Curang, Menambah dan Mengurangi Suara dalam Pemilu
Jangan Curang, Menambah dan Mengurangi Suara dalam Pemilu
Jangan Curang, Menambah dan Mengurangi Suara dalam Pemilu

Celakalah, Neraka Wail bagi Al muthaffifin, yaitu orang yang jika menakar/menghitung suaranya sendiri dilebih lebihkan, dan jika menakar/ menghitung suara orang lain dikuranginya. 


Kata "muthaffifin" diambil dari kata "thafiif" yang bermana sedikit atau remeh. Seakan Allah mengingatkan "jangan curang dengan menambah atau mengurangi sekalipun sedikit dan terlihat remeh,".


Allah berfirman:


﴿وَیۡلࣱ لِّلۡمُطَفِّفِینَ ۝١ ٱلَّذِینَ إِذَا ٱكۡتَالُوا۟ عَلَى ٱلنَّاسِ یَسۡتَوۡفُونَ ۝٢ وَإِذَا كَالُوهُمۡ أَو وَّزَنُوهُمۡ یُخۡسِرُونَ


"Neraka Wail bagi Al muthaffifin, yaitu orang yang apabila menakar untuk dirinya, meminta penuh, tetap jika menakar atau menimbang untuk orang lain, ia menguranginya,".


Allah mengutuk tegas orang orang yang curang dengan menambah atau mengurangi. Ketegasan itu di isyaratkan oleh ayat sesudahnya:


 أَلَا یَظُنُّ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ أَنَّهُم مَّبۡعُوثُونَ ۝٤ لِیَوۡمٍ عَظِیمࣲ ۝٥ یَوۡمَ یَقُومُ ٱلنَّاسُ لِرَبِّ ٱلۡعَـٰلَمِینَ ۝٦﴾


"Tidakkah mereka menduga bahwa mereka akan dibangkitkan, untuk hari yang besar, hari dimana manusia berdiri dihadapan Tuhan semesta Alam"


Dalam ayat ini setidaknya ada tiga mubalagat (penegasan), bahwa curang dengan menambah dan mengurangi adalah sesuatu yang sangat jahat. Pertama Allah mengancam dengan Neraka Wail, neraka terdalam dalam Jahanam. Kedua bahwa orang yang curang akan bertemu hari yang sangat besar. Ketiga orang yang curang akan berdiri mempertanggungjawabkan kecurangannya di hadapan Allah.


Allah sangat serius dalam soal ini, bahasa usul fiqihnya "jazim-tegas". Jadi jangan main-main dengan kecurangan, menambah atau mengurangi. Termasuk "menambah" suara  dukungannya dan "mengurangi" suara lainnya.


Neraka Wail bagi yang curang.


KH Imam Nakha'i, salah seorang Wakil Ketua LBM PBNU


Opini Terbaru