Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Zakky Mubarak: Pemimpin Khianat Haram Masuk Surga

KH Zakky Mubarak: Pemimpin Khianat Haram Masuk Surga
KH Zakky Mubarak: Pemimpin Khianat Haram Masuk Surga
KH Zakky Mubarak: Pemimpin Khianat Haram Masuk Surga

Bandung, NU Online Jabar
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak dalam tausiyah digitalnya mengungkapkan setiap orang adalah pemimpin, pemimpin untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

 

“Dalam pandangan Islam setiap diri manusia itu adalah merupakan pemimpin, kata Nabi Saw  kullukum ro’in, wakullukum mas ulun ‘aro’iyyatihi. Tiap orang dari kamu adalah ro’in penggembala, artinya pemimpin, dan setiap orang akan dimintai  pertanggungjawaban tentang yang dipimpinnya,” terang Kiai Zakky melalui akun facebooknya, Kamis (18/8).

 

“Pemimpin ini dari pemimpin diri sendiri, pemimpin keluarga, pemimpin tingkat Rt/Rw, Kelurahan dan sampai yang lebih tinggi lagi,” imbuhnya.

 

Menurut Kiai Zakky setiap pemimpin harus bersikap jujur dan adil kepada rakyatnya.

 

“Karena itu Nabi Saw memperingatkan kita bahwa siapapun yang diberi kepercayaan jadi pemimpin, kemudian dia mengkhianati kepercayaan itu, Allah mengaharmkan orang tersebut masuk ke dalam surga,” tegasnya.

 

“Artinya kalau orang itu gak jujur dalam memegang amanah, atau berkhianat terhadap amanah yang diberikan kepadanya, orang tersebut manusia tercela. Manusia yang sangat buruk, yang tidak akan mendapatkan kebahagiaan duniawi maupun ukhrawi,” lanjutnya.

 

“Sebaliknya kalau pemimpin itu melaksanakan amanah dengan baik, sesuai dengan aturan-aturan yang ditegakan dalam kehidupan masyarakatnya, dan dia berlaku secara adil, dia menjadi manusia yang baik, manusia terpuji dan akan meraih kesuksesan yang maksimal baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat,” pungkasnya.

 

Pewarta: Abdul Manap

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×