Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Ulama Sepuh Sukabumi, KH Badruddin Shofiyullah atau Pangersa Aa Warudoyong Wafat

Ulama Sepuh Sukabumi, KH Badruddin Shofiyullah atau Pangersa Aa Warudoyong Wafat
KH Badruddin Shofiyullah atau Pangersa Aa Warudoyong
KH Badruddin Shofiyullah atau Pangersa Aa Warudoyong

Bandung, NU Online Jabar 
Salah satu ulama sepuh di Sukabumi, KH Badruddin Shofiyullah wafat pada Kamis 22 Juli 2021. Almarhum merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Al-Wardayani, Kecamatan Sukaraja. 
 
Wakil Ketua PWNU Jawa Barat KH Abubakar Sidik bersaksi bahwa almarhum merupakan sosok kiai yang wara' dan zuhud, yang mewakafkan seluruh hidup dan kehidupannya untuk agama melalui pendidikan di pesantren.

“Pesantren Warudoyong Sukabumi, salah satu produsen mualim dan ajengan,” ungkap Ketua STAI Al-Masthuriyah Kabupaten Sukabumi. 

Kiai yang akrab disapa Kang Bakang ini mendoakan semoga kepergiannya mengingatkan kita semua terhadap tugas dan tanggung jawab kita kepada bangsa dan negara, melalui berbagai profesi dan lapangan kehidupan.
 
“Selamat jalan, Ajengan AA Warudoyong. Ajengan akan disambut oleh rahmat Allah setelah sebelumnya diberi maghfirah.

 جعله الله من اهل الجنة وجعلنا ممن يهتم بشؤون الشعب والبلاد كما هو رحمه الله .الفاتحة

Berdasarkan web Laduni.id, Pondok Pesantren Salafiyah Al-Wardayani adalah sebuah nama Pondok Pesantren Salafiyah yang di ambil dari nama kampungnya yaitu Warudoyong. Pesantren ini berlokasi di Kampung Warudoyong Desa Margaluyu Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Pesantren ini didirikan oleh Al-Magfurlah KH. Inayatillah bin Abdul Aziz. KH Inayatillah adalah salah seorang murid dari Mama Ajengan KH Syatibi Gentur. 

Pesantren Al-Wardayani atau yang lebih dikenal dengan pesantren Warudoyong, adalah sebuah pesantren di Sukabumi yang menjadi salah satu referensi pesantren alat di wilayah Pulau Jawa khususnya Jawa barat dan Banten. Pesantren ini, sepertinya adalah pewaris dari kematangan Mama Gentur dalam bidang ilmu balaghah, di samping ilmu pesantren lain.

Pewarta: Abdullah Alawi

Terkait

Obituari Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×