Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Mengenang KH Ahmad Lutfi Fathullah

Mengenang KH Ahmad Lutfi Fathullah
KH Ahmad Lutfi Fathullah
KH Ahmad Lutfi Fathullah

Oleh Istianah

Di tahun 2008-2010, kami sekelas hanya 6 orang, mahasiswa S 2 konsentrasi studi hadits. KH  Ahmad Lutfi Fathullah mengajar kami dengan cara yang berbeda. Saat pertama kali mengajar, kami diminta mencari dan menuliskan semua kitab hadits dengan bermacam kategori, di antaranya kitab rijal hadits, kitab 'ulumul hadits, kitab Mashadir Ashliyyah dan lain sebagainya. 

Bagi saya ini tugas yang sangat bermanfaat terutama untuk referensi ke depan, minimal saat tesis. Tugas lainnya adalah melakukan mini riset tentang hadits. Saya melakukannya dengan serius dan seingat saya juga terbaik, hasil tulisan ini merupakan tulisan tentang hadits terbaik yang pernah saya lakukan. Beliau selalu menyarankan kami untuk membuat buku, sekalipun buku kecil. 

Ketika Rahima meminta saya untuk menulis buku suplemen sekitar tahun 2013, saya teringat pesan beliau untuk menulis buku, lalu tulisan inilah yang saya berikan sehingga diterbitkan oleh Rahima dengan judul "Antara Perempuan, keledai dan Anjing" Berisi tentang hadits batalnya shalat seseorang karena lewatnya perempuan, keledai dan anjing. 

Tugas berikut di semester berikutnya yang beliau berikan adalah membuat buku. Dengan senang hati saat itu saya menulis untuk buku, sangat sangat serius dan akhirnya menjadi buku, dijilid dan diberikan kepada beliau untuk memenuhi tugas tersebut. Inilah buku pertama yang saya buat, sekali pun hanya dijilid sendiri. Tapi saya cukup puas untuk saat itu. 

Terkadang beliau mengajak kami untuk mengadakan pertemuan perkuliahan di kediamannya di Jakarta, yang juga merupakan  Pusat Studi Hadits. Kami tentunya senang sekali kuliah ke "luar kota". Sampai kediamannya di kompleks al Mughni Jakarta, kita disambut hangat, lalu beliau mengisi kuliah kami di perpustakaannya yang luar biasa penuh dengan kitab yang bahkan ada kitab-kitab yang selama ini tidak pernah kami lihat. Salah satunya pada akhirnya saya sering mengunjungi perpus beliau untuk kebutuhan penelitian tesis dan tentu sowan terlebih dahulu dengan beliau yang menyambut hangat sekali. 

Salah satu kitab yang saya temukan di perpustakaannya adalah kitab Adabul Mufrad karya imam Al Bukhari. Hadits yang saya teliti salah satunya termuat dalam kitab ini, saya diperbolehkan meng-copy isi kitab dan terutama covernya untuk lampiran tesis saya. Baik sekali beliau mengizinkan meng-copy kitabnya.

Pa Luthfi begitu biasa kami panggil, beliau dosen yang sangat perhatian pada mahasiswanya, mengerti sekali bagaimana cara mengajar yang benar benar bisa menjadikan mahasiswa mengerti tentang mata kuliah yang diampunya. Selalu mendorong mahasiswanya menulis buku.

Beliau orang yang luar biasa baik, ahli hadits mumpuni, surga menantinya. 

Selamat jalan KH Ahmad Lutfi Fathullah, engkau ahli surga... Al Fatihah. 

Penulis adalah Alumnus Pascasarjana UIN Bandung
 

Terkait

Obituari Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×