• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Ngalogat

Telaah Hadits 73 Golongan Dalam Islam Kitab Faishal al-Tafriqah karya Imam Al-Ghazali

Telaah Hadits 73 Golongan Dalam Islam Kitab Faishal al-Tafriqah karya Imam Al-Ghazali
Ilustrasi. (Foto: pinterest)
Ilustrasi. (Foto: pinterest)

Hadits Rasulullah Saw yang mengatakan bahwa umat Islam akan terpecah menjadi 73 golongan (sebagian hadits lain 72 golongan), semuanya ada di dalam neraka, kecuali satu golongan. Hadits ini banyak dibahas dan banyak pula kelompok kelompok Islam yang mengklaim bahwa kelompok merekalah yang dimaksud satu golongan itu. Untuk mengetahui berbagai redaktur teksnya bisa dilihat dalam bab awal kitab Al Farqu bainal Firoq karya Imam Abdul Qohir bin Tohir Al Baghdadi.


Terlepas dari hal itu, kali ini saya ingin membahas hadits lain yang bertentangan dengan hadits masyhur;


حَدَّثَنَا أَبُو بَكْر مُحَمَّد بْن عُثْمَان الصيدلاني حَدَّثَنَا أَحْمَد بْن دَاوُد السجسْتانِي حَدَّثَنَا عُثْمَان بْن عَفَّان الْقُرَشِيّ أَنْبَأنَا أَبُو إِسْمَاعِيل الْأَيْلِي حَفْص بْن عُمَر عَن مسعر عَن سعد بْن سَعِيد عَنْ أَنَسٍ مَرْفُوعا: تَفْتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى بضع وَسبعين فرقة كلهَا فِي الْجَنَّةِ إِلَّا الزَّنَادِقَة


Artinya: "Telah menceritakan kepada kami Abu bakar Muhammad bin Usman, Telah menceritakan kepada kami Ahmad Bin Dawud. Telah menceritakan kepada kami Usman Bin Affan, telah memberitahu kepada kami Abu Ismail Al aili Hafs ibnu Umar dari Mus'ar dari sa'id bin sa'iid dari Anas secara marfu. Umat ku akan terpecah menjadi 70 lebih golongan, mereka semua ada dalam syurga kecuali orang zindiq,".
 

Hadits ini terdapat dalam kitab Faishal al-Tafriqah baina al-Islam wa al-Zandaqah karya Imam Al Ghazali.


Ditinjau dari artinya sungguh hadits ini bertentangan dengan hadits yang masyhur, karena hadits yang masyhur itu mengatakan "mereka semua berada di Neraka kecuali satu," bukan "mereka semua berada di syurga kecuali orang zindiq (sebagian riwayat lain ditambah dengan 'kecuali satu, yaitu orang zindiq,".


Lalu mana yang benar ?


Kalau secara pasti mana yang benar saya tak bisa memutuskan, hanya Allah dan Rasul-Nya lah yang tahu. Namun setelah saya telaah hadits di atas, ternyata menuai komentar keras dari para ulama. Sebagai contoh, saya ambil komentar dari Ibn Hajar Al Asqollani dan Imam jalaludin Assuyuti.


Sabda Rasullullah Saw;


تفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة كلها في الجنة إلا فرقة واحدة الزنادقة


Artinya: "Umatku nanti akan terpecah mencadi 73 golongan, semuanya ada dalam Syurga, kecuali satu, yaitu orang orang yang zindiq."


Komentar Ibn Hajar Al Asqollani, dalam kitab nya Lisanul Mizan, Jilid 2, Hal. 128 (maktabah syamilah) ;


 وهذا من الاختصار المجحف المفسد للمعنى وذلك أن المشهور في الحديث 'كلها في النار إلا واحدة'


Artinya: "Kutipan akhir ini adalah singkatan yang tak wajar yang merusak maknanya, dan hal itu sesungguhnya hadis yang terkenal dalam hadis tersebut adalah bahwa 'mereka semua berada di Neraka kecuali satu,".


Imam Jalaludin Assuyuti pun memasukkan hadits tersebut ke dalam kumpulan hadits maudu'. Komentarnya pun sama dengan Imam Ibn Hajar Al Asqollani, bahwa hadits tersebut 'bohong adanya' karena yang masyhur adalah "Semuanya dalam neraka kecuali satu golongan." [Lihat Imam Jalaluddin Assuyuti, Al-ala'i al-mashnu'ah fi Al-ahaditsi Al-maudhu'ah. Jilid 1 Hal 227, maktabah syamilah], walahu a'lam.


Daftar Pustaka:

[Al farqu bainal firoq karya Imam Abdul Qohir bin tohir Al Baghdadi.]

[Faishal al-Tafriqah baina al-Islam wa al-Zandaqah karya Imam Al Ghazali.]

[Ibn Hajar Al Asqollani, dalam kitab nya Lisanul Mizan, Jilid 2, Hal. 128, maktabah syamilah]

[Lihat Imam Jalaluddin Assuyuti, Al-ala'i al-mashnu'ah fi Al-ahaditsi Al-maudhu'ah. Jilid 1 Hal 227, maktabah syamilah]


Ilham Abdul Jabar, Dewan Guru Kelas Mahasiswa Pesantren Al-Hikmah Mugarsari dan Anggota Instruktur GP Ansor Kota Tasikmalaya


Ngalogat Terbaru