• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 28 Mei 2024

Nasional

KOLOM KH ZAKKY MUBARAK

Mustasyar PBNU Jelaskan Cara Menyikapi Berbagai Permasalahan dengan Bijak 

Mustasyar PBNU Jelaskan Cara Menyikapi Berbagai Permasalahan dengan Bijak 
Mustasyar PBNu KH Zakky Mubarak. (Foto: Ss Video FB Zakky Mubarak Syamrakh).
Mustasyar PBNu KH Zakky Mubarak. (Foto: Ss Video FB Zakky Mubarak Syamrakh).

Jakarta, NU Online Jabar 
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak dalam tausiyah digitalnya menjelaskan dalam melaksanakan kehidupan harian kita, kita akan menjumpai berbagai hal. 


"Ada yang menyenangkan, ada yang menggelisahkan, ada yang membuat kita sedih, dan berbagai hal lainnya," jelasnya dalam video yang diunggah di akun media sosial Facebooknya, dilihat NU Online Selasa, (19/3/2024). 


Kiai kelahiran Cirebon Jawa Barat tersebut menyebutkan, sebagai manusia muslim kita harus bijak menghadapi berbagai hal tersebut. 


"Pada saat kita memperoleh kebajikan, keberuntungan kita hendaknya bersyukur kepada Allah dengan syukur yang sesungguhnya." tuturnya. 


"Pada saat kita mendapat kesulitan atau ujian-ujian maka  harus menembalkan diri kita dengan ketabahan dan kesabaran karena dengan cara inilah kita akan mendapatkan jalan yang terpuji," tambahnya.


Kiai zakky menyebutkan bahwa dalam Al-qur'an dan hadist banyak disebutkan maka kita harus mengembalikan semua itu pada Allah Swt. Ia mengutip salah satu firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 156:


اِنَّا لِلّٰهِ وَاِ نَّـاۤ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ  


Artinya: "Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali." 


"Nah dengan sikap seperti ini kita akan menjadi orang yang sangat dewasa dalam menyikapi berbagai hal dan sekaligus kita akan menyelesaikan berbagai permasalahan yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.


Nasional Terbaru