• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Nasional

Gus Nadir Jelaskan Etika dan Doa Saat Hendak Bertamu yang Perlu di Perhatikan

Gus Nadir Jelaskan Etika dan Doa Saat Hendak Bertamu yang Perlu di Perhatikan
Gus Nadir Jelaskan Etika dan Doa Saat Hendak Bertamu
Gus Nadir Jelaskan Etika dan Doa Saat Hendak Bertamu

Bandung, NU Online Jabar
Dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari, kita dianjurkan untuk selalu bersilaturahim kepada sesama, baik kepada tetangga, teman, ataupun saudara. Pada saat kita mengunjungi ke rumah mereka, terkadang kita ingin segera memasuki rumah yang dikunjungi tersebut.


Lalu, bagaimana adab atau etika ketika kita sedang bertamu?


Mengenai hal tersebut, salah seorang Rais Syuriah Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Australia KH Nadirsyah Hisen menyebut, jika kita mengetuk pintu dan tidak ada yang membukakan, jangan memaksa untuk masuk.


"Ucapkan salam sampai 3x dan jika tak ada yang membukakan pintu untukmu, maka pulanglah. Begitu pesan Nabi," tulisnya dalam status di akun media sosial Facebook resmi miliknya Nadirsyah Hosen pada Sabtu (29/7/2023).


Begitu pula saat kita mendekati pintu menuju Tuhan, tambah kiai yang akrab disapa Gus Nadir tersebut, ada pintu yang bisa dibuka-Nya lewat ketaatan, lewat ketulusan, lewat pengabdian, dan ada pula yang sebelum mengetukpun pintu telah dibukakan untukmu.


Ia menilai, kita tak pernah bisa memaksa pintu mana yang harus kita masuki.


"Satu hal yang mesti kita ingat: ketika Tuhan menutup satu pintu untuk kita, Dia menunggu kita untuk mengetuk pintu-pintu yang lain. Kita tidak pernah tahu pintu mana yang akan dibukaNya jikalau kita tidak pernah mencoba mengetuk. 


"Tugas kita hanya mengetuk, selanjutnya terserah Tuhan pintu mana yang hendak dibuka untuk kita," sambungnya.


Gus Nadir mengutip salah satu doa saat memasuki rumah:


اللهم افتح لنا أبواب رحمتك


"Ya Tuhan, mohon bukakan bagi kami pintu-pintu kasih sayang-Mu,".


Pewarta: Muhammad Rizqy Fauzi


Nasional Terbaru