• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Majalengka

Resmi! KH Anwar Sulaeman dan KH Muhammad Umar Sobur Pimpin PCNU Majalengka Masa Khidmat 2023-2028 

Resmi! KH Anwar Sulaeman dan KH Muhammad Umar Sobur Pimpin PCNU Majalengka Masa Khidmat 2023-2028 
Resmi! KH Anwar Sulaeman dan KH Muhammad Umar Pimpin PCNU Majalengka Masa Khidmat 2023-2028 
Resmi! KH Anwar Sulaeman dan KH Muhammad Umar Pimpin PCNU Majalengka Masa Khidmat 2023-2028 

Majalengka, NU Online Jabar
Setelah menjalani beberapa tahapan dan proses dalam Konferensi Cabang (Konfercab) VII Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Majalengka tahun 2023, KH Anwar Sulaeman terpilih menjadi Rais Syuriah PCNU Majalengka dan KH M Umar Sobur sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Majalengka masa khidmat 2023-2028. 


Adapun proses penetapan Rais Syuriah tersebut sudah sesuai proses dimana dari 25 MWC NU se-Majalengka telah mengusulkan masing-masing 5 nama sebagai anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (AHWA). 


"Jadi prosesnya itu, setiap MWCNU mengusulkan 5 nama dari masing-masing calon yang ada. Setelah itu diambil 5 besar terpilih. Baru untuk menentukan ketua rois dilakukan musyawarah mufakat oleh ke 5 orang itu. Dan akhirnya KH. Anwar Sulaeman terpilih menjadi Rais Syuriah PCNU Majalengka," ujar Seksi Acara Konfercab NU Majalengka, Kiai Ahmad Cece Ashfiyadi saat di wawancara.


Dia menambahkan, KH Anwar Sulaeman telah terpilih pasca 5 nama anggota AHWA yang diantaranya KH Anwar Sulaeman 17 suara, KH Harun Bajuri  17 suara, KH Yusuf Karim 16 suara, KH Aliyudin. (Abah Uyu) 13 suara, dan KH Abdul Rasyid 10 suara.


"Setelah rais terpilih, langsung menandatangani kontrak yang isinya bukan anggota parpol atau pengurus. Itu dilakukan sesuai dengan aturan,"ucap Ketua GP Ansor Majalengka ini.


Diketahui, KH Anwar Sulaeman sudah tak asing lagi terdengar di Majalengka. Beliau merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Majalengka.  


Dalam kesempatan yang sama, proses pemilihan Ketua Tanfidziyah, sidang dipimpin oleh salah seorang jajaran PBNU KH Iip Syarif Hidayatullah dan salah seorang jajaran PWNU Jawa Barat KH Asep Sodikin Maulana. Pemilihan tersebut melibatkan 25 Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) se- Kabupaten Majalengka, melalui sidang pleno yang digelar di Gedung Islamic Centre Majalengka, Sabtu (30/12/2023).  


"Setelah melalui penghitungan suara secara terbuka, akhirnya menetapkan KH Muhamad Umar Sobur, sebagai formatur terpilih Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang NU Majalengka," kata Pimpinan Sidang Pleno, KH Asep Sodikin Maulana pada Ahad (31/12/2023) dini hari. 


Menurutnya, dari proses penghitungan ada dua kandidat calon ketua Tanfidziyah yang dipilih oleh peserta Konfercab yakni KH Muhamad Umar memperoleh 19 suara dan KH Dedi Mulyadi mendapatkan 5 suara, dan 1 suara abstain alias tidak sah. Maka dari jumlah suara itu, Kiai Umar ditetapkan sebagai formatur terpilih.


Namun sebelum itu, pihaknya pun mempertanyakan beberapa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi formatur terpilih di antaranya bukan pengurus parpol, bukan pengurus organisasi terafiliasi parpol dan sudah mengikuti lembaga kursus manajemen dakwah NU.


"Setelah kami pertanyakan ke yang bersangkutan (kiai umar), semuanya jawabanya tidak. Jadi otomatis Kiai Umar memenuhi syarat sebagai formatur terpilih," ucap Asep.


Mengenai susunan formatur, Asep juga menjelaskan, bahwa hal tersebut harus ganjil. 2 orang otomatis menjadi formatur terpilih di antaranya Ketua Formatur Rais Syuriah KH Anwar Sulaeman, Sekretaris Formatur KH Muhamad Umar Sobur, sementara anggotanya yakni KH Yusuf Karim, Solehul Hadi, Ahmad Syafik dan Asep Saeful Kholik.


"Alhamdulilah sudah ada 7 formatur terpilih dalam Konfercab NU Majalengka tahun 2023 ini. 2 orang ketua dan sekretaris terpilih secara otomatis yakni Ketua Rois dan Ketua Tanfidziyah. Sedangkan 5 orang lainya anggotanya dipilih dari peserta konfercab," pungkasnya.


Pewarta: Tata Irawan


Majalengka Terbaru