• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 21 Februari 2024

Kota Sukabumi

Sejumlah Agenda Peringatan Hari Santri di Kota Sukabumi, Ada Ijazah Amalan Hingga Pengobatan Gratis 

Sejumlah Agenda Peringatan Hari Santri di Kota Sukabumi, Ada Ijazah Amalan Hingga Pengobatan Gratis 
Logo HSN 2023 (Ilustrasi: AM)
Logo HSN 2023 (Ilustrasi: AM)

Sukabumi, NU Online Jabar
Bagi umat muslim di Indonesia, bulan Oktober memiliki makna istimewa sejak tahun 2015 ketika Presiden Jokowi secara resmi menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN). Dalam rangka memperingati momentum bersejarah ini, Nahdlatul Ulama (NU) sebagai pemangku tradisi pesantren turut berperan sebagai garda terdepan, termasuk Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Sukabumi.


Pada gelaran peringatan HSN tahun ini, PCNU Kota Sukabumi setidaknya akan merealisasikan 17 agenda, dengan diawali kick of peringatan HSN tingkat Kota Sukabumi pada Ahad, 15 Oktober 2023. Pembacaan satu miliar shalawat nariyah, peluncuran koin kemandirian NU, dan peletakan batu pertama pembangunan sekertariat GP Ansor Kota Sukabumi.


Kegiatan selanjutnya adalah seminar haji dan umrah bagi generasi milenial yang akan diselenggarakan pada Selasa, 17 Oktober 2023, di Gedung Dakwah NU Kota Sukabumi, dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.


Kemudian pada hari Rabu, 19 Oktober 2023 akan diisi dengan ngaji bersama Muslimat NU, Bazaar Murah, dan kegiatan ibu Muslimat Anjang Santri di Masjid Agung Kota Sukabumi, dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.


Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023, akan diadakan temu kader PDPKPNU se-Jawa Barat di Tasikmalaya, dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. 


Pada hari yang sama, di Gedung Dakwah NU Kota Sukabumi akan dilaksanakannya Workshop tentang kurikulum merdeka dan moderasi beragama, serta kajian fiqih wanita dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.


Pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023, di Gedung Dakwah NU Kota Sukabumi akan menyelenggarakan donor darah santri dan warga NU, juga pelatihan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) dimulai pukul 08.00 WIB.


Pada hari Ahad, 22 Oktober 2023 acara akan diisi dengan nyekar ziarah dan napak tilas ulama kota Sukabumi.


Selanjutnya, pada Rabu, 24 Oktober 2023, akan menyelenggarakan pengajian bersama LDNU Kota Sukabumi dan ijazah aurod misbahul falah.


Pada hari Kamis, 26 Oktober 2023, akan menyelenggarakan ijazah dalailul khoirot, hijib hijrul jausyan, dan istigosah annahdliyyah oleh Abuya KH. Abdullah Kafabih Mahrus Lirboyo.


Pada Sabtu, 28 Oktober 2023, di Gedung Dakwah NU Kota Sukabumi, akan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis, sunatan massal, dan hipnoterapi dimulai pukul 08.30 WIB hingga selesai.


Pada hari yang sama, di Lapangan Gedung Dakwah NU Kota Sukabumi akan menyelenggarakan bazaar murah produk lembaga perekonomian NU (LPNU) Kota Sukabumi, Madrasah Kader Bahtsul Masail (LBM NU) Kota Sukabumi, dan Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW yang akan dihadiri oleh Drs. Habib Umar Bin Husein Assegaf serta pelantikan ranting NU se-Kota Sukabumi, dimulai pukul 18.00 WIB hingga selesai.


Selain itu akan diselenggarakannya halaqah fiqih peradaban di Pondok Pesantren Assaqinah Kota Sukabumi dengan waktu yang belum ditentukan (tentatif)


Demikianlah rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2023 di bawah komando PCNU Kota Sukabumi. Semua umat muslim diundang untuk ikut serta dalam kegiatan ini yang bertujuan memperkuat kebersamaan dan kecintaan terhadap santri serta pesantren. 


Pewarta: Amus Mustaqim


Kota Sukabumi Terbaru