• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Kota Bandung

NU Kota Bandung Launching Ambulance Siaga Ansor Sampai Pembagian Santunan Yatim dan Duafa

NU Kota Bandung Launching Ambulance Siaga Ansor Sampai Pembagian Santunan Yatim dan Duafa
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Gebyar Ramadhan untuk mengisi bulan suci Ramadhan 1445 H. Kegiatan tersebut bertempat di Cikapundung Riverspot Kota Bandung, Sabtu (30/3/2024). (Foto: NU Online Jabar)
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Gebyar Ramadhan untuk mengisi bulan suci Ramadhan 1445 H. Kegiatan tersebut bertempat di Cikapundung Riverspot Kota Bandung, Sabtu (30/3/2024). (Foto: NU Online Jabar)

Bandung, NU Online Jabar
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Gebyar Ramadhan untuk mengisi bulan suci Ramadhan 1445 H. Kegiatan tersebut bertempat di Cikapundung Riverspot Kota Bandung, Sabtu (30/3/2024).


Ketua PCNU Kota Bandung, KH Ahmad Haedar menjelaskan bahwa kegiatan Gebyar Ramadhan 1445 H ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar PCNU Kota Bandung dalam menghadirkan semangat Ramadhan khususnya di Kota Bandung dan sekitarnya.


Ia menuturkan, dalam Gebyar Ramadhan 1445 H ini terdapat berbagai kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya yaitu menghimpun dan menyalurkan santunan untuk yatim, dhuafa, difable, guru ngaji, penyerahan bantuan Palestina dan launching media center dan Aplikasi Donasi NU CARE-LAZISNU Kota Bandung, serta launching Ambulance NU SIAGA dan Posko Mudik Lebaran ANSOR Kota Bandung. 


“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian warga NU dengan membagikan santunan yatim, dhuafa dan difable, santunan guru ngaji, penyerahan bantuan Palestina tahap 2, launching Media Center dan Aplikasi Donasi NU CARE-LAZISNU Kota Bandung, serta Launching Ambulance NU SIAGA dan Posko Mudik Lebaran ANSOR Kota Bandung,” ujarnya. 


Ia menambahkan, selain kegiatan keagamaan dan pendidikan, giat sosial menjadi prioritas dalam khidmah PCNU Kota Bandung. Hal ini menurutnya sesuai dengan fakta di lapangan bahwa masih banyak saudara-saudara kita yatim dan kaum dhu'afa yang masih membutuhkan bantuan. 


"Ekonomi dan kesehatan yang mencakup sektor sosial menjadi isu utama di Kota Bandung. Sehingga penguatan ekonomi, kesehatan dan sosial harus menjadi program prioritas PCNU Kota Bandung," ungkapnya.


Sementara Rais Syuriyah PCNU Kota Bandung, KH Khoeruddin Aly berharap kegiatan ini memberikan manfaat yang lebih besar bagi umat, khususnya warga Kota Bandung. 


"NU sebagai sebagai jam'iyyah ijtima'iyyah berakidah ahlussunnah wal jama'ah an-nahdliyyah yang moderat yang tidak ekstrim kanan maupun kiri, sehingga NU bisa merangkul seluruh kalangan dan memberi kemanfaatan yang lebih besar," tutupnya.


KH Amin Baejuri pengurus PW NU Jabar yang hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan PCNU Kota Bandung. Dia berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dan kemanfaatan kepada umat, seperti yang dicontohkan oleh para ulama terdahulu.


“Terobosan dan inovasi ini memiliki azas manfaat dan merupakan kebangkitan ulama-ulama Kota Bandung untuk memberikan kontribusi dan kemanfaatan kepada umat, kegiatan ini sebagai bukti eksistensi NU Kota Bandung, mari kita hijaukan kembali Kota Bandung” ujarnya.


Terpisah, Ketua Panitia Gebyar Ramadhan 1445 H Revie Prakasa menjelaskan bahwa panitia berkolaborasi dengan beberapa pihak diantaranya ada PPLIPI, Lions Club Bandung, dan Perwosi. Beberapa sponsor yang ikut berpasrtisipasi diantaranya ada Telkomsel, Mandiri Amal Insani, Baznas Kota Bandung, KFC, Heviitro dan donatur lain yang sangat membantu kegiatan ini.


"Kami menghaturkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat," tutupnya.


Sementara Direktur Eksekutif NU Care-Lazisnu Kota Bandung, Syahroni Makhran Aziz menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap bulan Ramadhan dan menjadi bagian dari program LAZISNU Jawa Barat dan Pusat.


“Kami melakukan open donasi baik barang maupun uang bagi masyarakat yang ingin berbagi paket Gebyar Ramadhan dan Mahabbah Ramadhan 1445 H,” tuturnya.


Roni menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menjadi jembatan antara muzakki (pemberi zakat/donatur) dan mustahik (penerima zakat).


“Besar harapan dengan banyaknya program di bulan Ramadhan ini muzakki juga semakin bertambah dan ada pemeratan mustahik agar distribusi penyalurannya lebih banyak lagi sehingga banyak juga orang yang menerima manfaatnya,” ucapnya.


Selain itu, NU Care-Lazisnu Kota Bandung juga bekerjasama dengan NU Care-Lazisnu Jawa Barat menyelenggarakan talk show Ramadhan, santunan anak yatim dan duafa juga Sahur On The Road. Kegiatan ini akan dilaksanakan 31 Maret 2024 di Kantor PCNU Kota Bandung dengan mengundang kaum dhuafa di sekitar kantor PCNU Kota Bandung.


"Bagi masyarakat yang akan ikut berdonasi bisa mengirimkan donasinya melalui rekening LAZISNU Kota Bandung di nomor 077101011973536 (BRI). Atau bisa buka aplikasi donasi NU Care-Lazisnu Kota Bandung yang baru saja dilaunching di nu-care.nukotabandung.or.id,” tutupnya.


Puncak kegiatan Gebyar Ramadhan 1445 H ini ditutup dengan tausiah oleh muballig muda NU, Ustadz H Ruslan Abdul Ghani serta dilanjutkan dengan pembagian paket takjil dan nasibox sekaligus buka puasa bersama.


Kota Bandung Terbaru