Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Zakky Mubarak Jelaskan Tugas Penting Ulama dan Ilmuan

KH Zakky Mubarak Jelaskan Tugas Penting Ulama dan Ilmuan
Mustasyar PBNU KH Zakky Mubarak (Foto: Facebook)
Mustasyar PBNU KH Zakky Mubarak (Foto: Facebook)

Bandung, NU Online Jabar
Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak dalam taushiyah digitalnya menjelaskan tugas penting dari seorang ulama dan ilmuan. Peran keduanya yaitu membimbing masyarakat menuju kemajuan dan kebaikan.

 

"Setiap diri manusia memiliki tugas-tugas yang telah digariskan  dari ketentuan Allah Swt. Maka itu setiap orang punya peran masing-masing didalam tugasnya, maka tugas ulama dan ilmuan adalah membimbing masyarakat menuju kehidupan yang produktif, yang menuju kepada kebaikan-kebaikan untuk masyarakat dan mendatangkan kemaslahatan yang seluas-luasnya," jelasnya melalui akun facebooknya, Rabu (14/9).

 

Masing-masing tugas mereka lanjutnya yaitu mempunyai porsinya, ulama dan ilmuan ditugaskan untuk melakukan pemikiran-pemikiran terhadap kehidupan alam semesta kemudian dari pemikiran-pemikirannya dan penafsirannya itu akan melahirkan ilmu yang sangat banyak. 

 

"Dan ilmu itu menjadi maslahat bagi umat manusia, misalnya kita melihat cabang-cabang ilmu dalam ilmu keagamaan, ilmu kalam ada ilmu fiqh, kemudian ada cabang-cabang filsafat islam dan lain sebagainya, itu luas sekali pengetahuan dalam keagamaan hasil para ulama," terangnya.

 

Begitu juga dengan ilmuan, menurutnya. Ilmuan melakukan penelitian dan riset, sehingga melahirkan sains yang sangat luas, teknologi yang sangat bagus.

 

"Nah dua-duanya dibutuhkan, ilmu keagamaan dan sains itu dibutuhkan bagi manusia untuk meraih kemajuan dimasa yang akan datang," pungkasnya.

 

Pewarta: Abdul Manap

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×