Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Dialog Gus Mus dan Gus Dur Soal NU, ‘Kok Kaya Satpam Indonesia?’

Dialog Gus Mus dan Gus Dur Soal NU, ‘Kok Kaya Satpam Indonesia?’
Gus Mus dan Gus Dur. (Foto: NU Online)
Gus Mus dan Gus Dur. (Foto: NU Online)

Bandung, NU Online Jabar

Dalam sebuah acara Peringatan 1 Abad sekaligus Haul sesepuh dan masyayikh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanya, Jombang, Jawa Timur pada tahun 2015 silam, KH Ahmad Mustofa Bisri atau akrab disapa Gus Mus berkesempatan untuk mengisi pengajian di acara tersebut.

 

Gus Mus kemudian bercerita soal percakapannya bersama Gus Dur berkaitan dengan masalah-masalah yang terjadi seputar Nahdlatul Ulama atau NU yang hanya dianggap dimanfaatkan oleh negara saja dalam berbabgai isu seperti penumpasan PKI dan perlawanan terhadap penjajah saja.

 

Gus Mus lalu berkeluh kesah kepada sahabat karibnya tersebut. “NU kok dipikir-pikir seperti satpam Gus?” Cletuk Gus Mus kepada Gus Dur.

 

Dengan ciri khasnya Gus Dur, cucu Pendiri NU itu kemudian menjawab dengan enteng. “Lho Gus, Apa kurang mulia menjadi satpamnya Indonesia,” kata Gus Dur menjawab.

 

Gus Mus pun seketika langsung terdiam mendengar jawaban Gus Dur yang sederhana namun penuh dengan makna itu.

 

Gus Mus kemudian mengatakan bahwa hadirnya beliau pada acara tersebut tidak lain hanya ingin memperoleh keberkahan dari peringatan wafatnya tokoh besar yakni KH Bisri Syansuri. 

 

“KH Bisri Syansuri merupakan salah satu dari 3 pendekar dari Jombang yang berhasil mendirikan Nahdlatul Ulama,” kata Gus Mus dikutip jatman.or.id dari Channel MataAir Cinema.

 

Gus Mus mengamati dari sejarah berdirinya Nahdlatul Ulama, Beliau menyebutkan bahwa Mbah Wahab adalah orang yang berhasil mendukung Mbah Hasyim Asy’ari dan Mbah Bisri agar segera mendeklarasikan berdirinya Nahdlatul Ulama.

 

“Nahdlatul Ulama ini diciptakan oleh Allah Tala’a untuk jadi panutannya orang-orang seluruh dunia. Ini merupakan anugerah yang sangat luar biasa yang sudah Allah anugerahkan kepada kita, warga Nahdliyin semuanya,” ucapnya.

 

Editor: Agung Gumelar

Terkait

Kota Bandung Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×