• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Jumat, 23 Februari 2024

Kabupaten Sukabumi

Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Kabupaten Sukabumi, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Kabupaten Sukabumi, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami
Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Kabupaten Sukabumi, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami
Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Kabupaten Sukabumi, BMKG Sebut Tak Berpotensi Tsunami

Sukabumi, NU Online Jabar
Tepatnya pada Ahad (1/10/2023) siang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,4. Peristiwa ini secara langsung di diinformasikan loleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG melalui laman resminya, bmkg.go.id dan sosial media miliknya, seperti twitter @infoBMKG.dan Instagram @infoBMKG.


Dari analisis BMKG, pusat gempa berada di darat 30 kilometer Tenggara Kabupaten Sukabumi, di titik koordinat 7.26 derajat lintang selatan dan 106.60 derajat bujur timur. 


"#Gempa Dirasakan Magnitudo: 5.4, Kedalaman: 88 km, 01 Okt 2023 11:00:26 WIB, Koordinat: 7.26 LS-106.60 BT (Pusat gempa berada di darat 30 km Tenggara Kab. Sukabumi) #BMKG," demikian informasi BMKG melalui twitternya melansir laman NU Online.


BMKG juga menjelaskan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. "Tidak berpotensi tsunami," terangnya. Kendati begitu, getaran gempa dirasakan hingga ke sejumlah daerah dengan skala kekuatan yang berbeda.


"Wilayah Dirasakan (Skala MMI) IV Sukabumi, III Sawarna, III Pelabuhan Ratu, III Soreang, III Cianjur, II-III Cibadak, II-III Bandung, II Bogor, IV Cisolok, III Cipanas, II Lebak," ungkapnya melalui laman resminya.


Hingga berita ini ditulis, BMKG tidak melaporkan terkait dampak kerusakan yang mungkin ditimbulkan, mengingat kekuatan gempa lumayan besar. Namun, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada atas kemungkinan adanya gempa susulan. 


"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," lanjut ketenangan BMKG masih dalam laman resminya.


Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (BNPB), secara geografis Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak pada pertemuan empat lempeng tektonik, yaitu lempeng Benua Asia, Benua Australia, lempeng Samudera Hindia, dan Samudera Pasifik.


Di bagian selatan dan timur Indonesia terdapat sabuk vulkanik (volcanic arc) yang memanjang dari Pulau Sumatera, Jawa-Nusa Tenggara, Sulawesi, yang sisinya berupa pegunungan vulkanik tua dan dataran rendah yang sebagian didominasi oleh rawa-rawa. Kondisi tersebut sangat berpotensi sekaligus rawan bencana seperti letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, banjir dan tanah.


Kabupaten Sukabumi Terbaru