• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 26 Februari 2024

Kabupaten Cirebon

Sejumlah Kiai Sepuh Hadiri Gelaran Haul ke-22 Pendiri Pesantren Tahsinul Akhlaq Winong Cirebon KH Mustahdi Hasbullah

Sejumlah Kiai Sepuh Hadiri Gelaran Haul ke-22 Pendiri Pesantren Tahsinul Akhlaq Winong Cirebon KH Mustahdi Hasbullah
Gelaran Haul ke-22 Pendiri Pesantren Winong Cirebon KH Mustahdi Hasbullah Dihadiri Sejumlah Kiai Sepuh
Gelaran Haul ke-22 Pendiri Pesantren Winong Cirebon KH Mustahdi Hasbullah Dihadiri Sejumlah Kiai Sepuh

Cirebon, NU Online Jabar
Peringatan Haul Almaghfurlah KH Mustahdi Hasbullah Pendiri Pondok Pesantren Tahshinul Akhlaq Winong Gempol Cirebon yang ke -22 dilaksanakan pada hari Jum'at (1/12/2023) yang bertempat di komplek Pondok Pesantren Putra Tahshinul Akhlaq Kabupaten Cirebon.


Rangkaian acara Haul tersebut diawali dengan ziarah dan takhtiman Al Qur'an di maqbaroh Masyayikh pesantren Tahshinul Akhlaq pada Jum'at (1/12/2023) mulai pukul 06.30-08.00 WIB yang diikuti oleh para santri, alumni dan segenap   keluarga besar pondok pesantren Tahshinul Akhlaq. Selesai itu, tepat pukul 09.30 WIB acara dilanjut dengan acara temu Alumni dengan segenap Masyayikh Pesantren Tahshinul Akhlaq diantara yang hadir yakni KH Muhamad Hasbullah Mustahdi, KH Ulinnuha, KH Muntakhob Mustahdi.


Dalam acara temu Alumni dengan Masyayikh juga tersebut, dilangsungkan pemilihan Calon Ketua Himpunan Alumni Santri Tahshinul Akhlaq (Himasta) periode 2024-2029. Dari hasil pemilihan tersebut, terpilih KH Saeful Bakhri Alumni Pesantren Tahshinul Akhlaq dari Jagapura Cirebon sebagai ketua HIMASTA periode 2024-2029.


Setelah istirahat sholat Jum'at, acara dilanjut dengan Tahlil Akhbar Haul KH Mustahdi Hasbullah dengan tawasul dipimpin oleh KH Umar Khudhori dan  Tahlil diimami oleh KH. Ni'amillah Aqil Siroj Pengasuh Pesantren KHAS Kempek Cirebon.


Do'a tahlil yang pertama dipimpin oleh KH Syu'ban Ma'mun dari Brebes, doa tahlil yang ke -2 dipimpin oleh KH Zamzami Amin dari pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon. Selain itu, acara tahlil dihadiri pula oleh sejumlah kiai sepuh Cirebon seperti KH Nawawi Umar dari pesantren Kempek Cirebon dan sejumlah kiai yang lain. Tidak hanya itu, acara ini dihadiri oleh ratusan masyarakat desa Winong dan para alumni yg datang dari berbagai daerah.


Pasca kegiatan tersebut, kemudian dilanjut dengan acara peletakan batu pertama pembangunan komplek santri putra Tahshinul Akhlaq Blok A yang dipimpin oleh KH Syu'ban Makmun dari Brebes, dan doa oleh KH Rohmatullah Muslim dari pesantren Al Anwariyah Tegal Gubug Cirebon. Acara ini disaksikan dan diikuti oleh segenap santri dan Alumni pondok Pesantren Tahshinul Akhlaq. 


Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus Himasta periode 2024-2029. acara pelantikan disaksikan oleh segenap alumni yang hadir, dan dilantik oleh oleh KH Muntakhob Mustahdi selaku Pengasuh Pondok Pesantren Putra Tahshinul Akhlaq.


"Kami berharap semua alumni pondok pesantren Tahshinul Akhlaq untuk bersama-sama berkhidmah kepada Masyayikh lewat Himasta di daerahnya masing-masing" pungkas ​​​​​​​Wakil Ketua Pengurus Pusat  Himasta ​​​​​​​H Abdul Rofi Afandi juga sebagai Wakil Dewan Mustasyar Pimpinan Wilayah Provinsi Jawa Barat Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren se-Indonesia.


Kabupaten Cirebon Terbaru