• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 15 April 2024

Kabupaten Cirebon

Habib Luthfi Ungkap Hikmah Dibalik Peringatan Haul

Habib Luthfi Ungkap Hikmah Dibalik Peringatan Haul
Maulana Habib Luthfi bin Yahya. (Foto: NU Online Jabar/Sofhal Adnan).
Maulana Habib Luthfi bin Yahya. (Foto: NU Online Jabar/Sofhal Adnan).

Cirebon, NU Online Jabar
Haul ke-181 Habib Thoha bin Yahya Ciledug, Kabupaten Cirebon telah berlangsung pada Senin, 24 September dan ditutup pada Ahad, 1 Oktober 2023.


Haul tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, mulai dari Bazar UMKM, Khataman Al-Qur'an dan ditutup dengan Maulid Nabi Muhammad Saw beserta tausiyah yang disampaikan Maulana Habib Luthfi bin Yahya.


Dalam tausiahnya, Habib Luthfi bin Yahya menyampaikan, salah satu hikmah diselenggarakan haul ini adalah agar manusia mampu untuk introspeksi diri.


"Di samping kita menziarahi, kita juga akan ingat jasa-jasa beliau. Setelah itu kita akan introspeksi kepada diri kita masing-masing. Sering saya ucapkan, kita lihat Sunan Gunung Djati, di dalam kubur saja bisa mempersatukan bangsa," katanya.


Habib Luthfi menambahkan, selain introspeksi diri, hikmah haul selanjutnya adalah malu kepada para pendahulu.


"Peringatan haul ini supaya kita tidak melupakan jasa-jasa beliau. Kalau kita menjadi bangsa yang mudah dipecah belah malu rasanya kita kepada para beliau, harus kita kembali kepada pra beliau. Itu hikmahnya haul," ujar Habib Luthfi.


Sementara itu, ketua pelaksana, KH Zaeni mengatakan, Haul Habib Thoha bin Yahya Ciledug pada tahun ini dihadiri sekitar 14 ribu khotimin yang menyelesaikan 826 khataman. Di samping itu juga ada 96 bazar UMKM.


"Sehingga Alhamdulillah pada tahun ini khataman Al-Qur'an bisa mencapai 826 khataman, tahun pertama tahun 2021 haul yang ke-179 bisa mencapai 179 khataman kemudian tahun kedua sebanyak 345 khataman. Alhamdulillah tahun ke tiga sebanyak 826 khataman serta 96 bazar UMKM dari wilayah Ciledug dan Cirebon timur," tandasnya.


Kontributor: Khumaedi NZ


Kabupaten Cirebon Terbaru