Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

372 Khataman Al-Quran di Haul Ke-180 Habib Thoha bin Yahya Ciledug Jadi Penyejuk Bangsa 

372 Khataman Al-Quran di Haul Ke-180 Habib Thoha bin Yahya Ciledug Jadi Penyejuk Bangsa 
372 Khataman Haul Ke-180 Habib Thoha bin Yahya Ciledug Jadi Penyejuk Bangsa.
372 Khataman Haul Ke-180 Habib Thoha bin Yahya Ciledug Jadi Penyejuk Bangsa.

Cirebon, NU Online Jabar
Haul Ke-180 penyusun Ratib al-Kubra yakni Al-Quthb Al Habib Thoha bin Hasan bin Yahya pada tahun ini dibuka hari Selasa (4/10) dan ditutup hari Senin (10/10) lalu. Rangkaian acara yang dimulai dari Pagelaran Musik Religi, Bazar UMKM, Takhtimul Qur'an dan Santunan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat.


KH Zaeni selalu Ketua Panitia Haul menuturkan, Haul tahun ini dihadiri oleh berbagai masyarakat sekitar sepuluh ribu peserta Khotimin dengan waktu yang tak terbatas.


"Telah diikuti oleh sekitar sepuluh ribu peserta Khotimin yang datang dari berbagai penjuru, dan Alhamdulillah waktunya tidak terbatas, dari pagi sampai pagi terus di Makam ada yang membacakan Al-Qur'an," ujarnya.


Ia menambahkan untuk jumblah Takhtimul Qur'an tahun ini lebih banyak dari tahun kemarin, begitupun semangat peserta Bazar UMKM.


"Kalau tahun kemaren 250 Khataman dari Cirebon dan sekitarnya, tahun ini sampai jam 10 siang tadi, sudah tercatat 301 khataman. Sehingga dari taun kemarin ada peningkatan 51 khataman. Ditambah utusan dari provinsi dan kabupaten diluar Cirebon ada 71 Khataman, sehingga sampai jam 10 tadi telah terhimpun sejumlah 372 khataman," jelasnya.


"Bahwa selama UMKM ini yang dibuka pada tanggal 4 Oktober Alhamdulillah diikuti oleh 50 UMKM, yg dengan beberapa kondisi dimana Alhamdulillah Allah telah menurunkan hujan setiap sore hari yang begitu lebat sehingga tempat yang kita tempati ini berkali-kali mengalami pengurugan," tambahnya.


KH Zaini juga berharap, semoga dengan pembacaan Al-Qur'an yang ikhlas bisa menjadikan negara Indonesia ini Aman, damai, subur makmur lohjinawi.


"Mudah-mudahan dengan pembacaan Al-Qur'an yang keluar dari keikhlasan menambah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa barat dan Indonesia menjadi Negara yang aman sentosa, makmur, sejahtera dan lohjinawi," harapnya.


Sementara itu, Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi yang hadir dalam acara tersebut juga berterima kasih kepada segenap panitia dan mengungkapkan beberapa manfaat acara haul.


"Karena dengan adanya haul pertama kita bersilaturahim, yang kedua kita mendoakan dan yang ketiga kita ingin ngalap berkah al Habib Thoha bin Yahya, kemudian kita mengambil suri tauladan dari ulama yang dihauli ini dan yang terakhir dalam peringatan haul ini kita mengingat mati," tandasnya.


Sebagai informasi, dalam penutupan tersebut dihadiri oleh Habib Thohir bin Muhammad bin Yahya, Habib Abu Bakar Al Habsyi, Bupati Cirebon, Polres Cirebon, Kadisbudpar Cirebon, Kadisbidsos Cirebon, Pimpinan Forum Bisnis Cirebon, Panglima Macan Ali Kasepuhan Cirebon, Camat Ciledug, Waled, Pasaleman dan Habaib, Ulama, ustadz sewilayah Cirebon.


Pewarta: Sofhal Adnan
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Kabupaten Cirebon Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×