Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

370 Khataman dan 30 Bazar UMKM Jadi Rangkain Haul Ke-180 Habib Thoha Ciledug

370 Khataman dan 30 Bazar UMKM Jadi Rangkain Haul Ke-180 Habib Thoha Ciledug
370 Khataman dan 30 Bazar UMKM Jadi Rangkain Haul Ke-180 Habib Thoha Ciledug. (Foto: NU Online Jabar/Sofhal)
370 Khataman dan 30 Bazar UMKM Jadi Rangkain Haul Ke-180 Habib Thoha Ciledug. (Foto: NU Online Jabar/Sofhal)

Cirebon, NU Online Jabar

Haul Habib Thoha Ciledug yang diselenggarakan setiap tahun ini, sudah dimulai pada tanggal 1 Oktober dengan rangkaian pra acara Pagelaran Musik Religi dan baru dibuka dengan seremonial pada Selasa (4/10/22).

 

Pembukaan Haul yang diadakan di area Makam Habib Thoha bib Yahya bertempat di Dusun Grobog Desa Jatiseeng Kidul Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon itu dihadiri oleh Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon, Muspika Kecamatan Ciledug, Forkopimcam Kecamatan Ciledug, Camat Waled, Camat Pasaleman, Dandenpom III Kabupaten Cirebon, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Ketua Rois Syuriah dan Tanfidziyah PCNU Kabupaten Cirebon, KH. Farid Buntet dan Masyarakat umum.

 

Dalam sambutannya, KH Muhammad Zaeni selaku Ketua Panitia Haul menuturkan, data Khataman Al-Quran yang masuk sementara 378 peserta, itu teridiri dari 182 para tahfidzul Quran dan 176 khataman dari berbagai instansi dan 30 peserta Bazar UMKM.

 

"Takhtimul Quran yang sudah tercatat, Takhtimul Quran secara bilghoib atau secara hafalan ada 182 penghafal Al-Quran. Kemudian dari jam'iyah-jam'iyah, majelis-majelis taklim dan Pondok Pesantren ada 176, jadi insyaallah masih terus bertambah karena memang belum semuanya data masuk kepada panitia Takhtimul Quran. Sehingga untuk saat ini sudah terkumpul kesediaan dari mereka 378 khataman AlQuran," ucapnya.

 

"Untuk Bazar UMKM karena situasi, hanya 30 peserta UMKM yang mendaftarkan diri, mudah-mudahan dari UMKM bisa menjajakan semua kegiatan hasil produksinya selanjutnya bisa membawa manfaat dan maslahat dalam kegiatan Haul ini," tuturnya.

 

Dalam kesempatan itu, Deni Nurcahya mewakili Bupati Cirebon dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon mengucapkan, apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Haul ini, juga sedang mengusahakan Makam Habib Thoha bin Yahya Ciledug dijadikan sebagai cagar wisata.

 

"Pemerintah Kabupaten Cirebon sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dengan acara Haul ini, kita sambut baik. Dan karena memang makam dari habib thoha ini, kita masukan kedalam obyek yang diduga cagar wisata."

 

Kemudian, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kementerian Agama RITarmizi Tohor bertutur semoga acara haul ini, menjadi wasilah kita untuk bermunajat kepada Allah Swt.

 

"Saya mengajak seluruh umat islam tanah air untuk bermunajat bermohon kepada Allah Swt, memohon jalan keluar dari kesulitan dan diberikan sekaligus mendoakan Al Habib Thoha bin Hasan bin Yahya," Pungkasya.

 

Kegiatan ini pun diakhiri dengan pembacaan doa oleh KH Wawan Arwani Amin Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Cirebon.

 

Pewarta: Khumaedi NZ
Editor: Agung Gumelar

Kabupaten Cirebon Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×