• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Rabu, 24 April 2024

Kabupaten Bandung

IPNU-IPPNU Cileunyi Wetan Gelar Pelatihan Dakwah Pengajaran Lewat Berkisah Kreatif Kolaboratif

IPNU-IPPNU Cileunyi Wetan Gelar Pelatihan Dakwah Pengajaran Lewat Berkisah Kreatif Kolaboratif
Foto bersama usai pelatihan dakwah bersama IPNU-IPPNU Cileunyi Wetan, Kamis (28/3/24)
Foto bersama usai pelatihan dakwah bersama IPNU-IPPNU Cileunyi Wetan, Kamis (28/3/24)


Bandung, NU Online Jabar
IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Cileunyi Wetan menggelar pelatihan dakwah dengan tema strategi pengajaran lewat berkisah kreatif kolaboratif melalui media boneka interaktif. Acara yang berlangsung pada tanggal 28 Maret 2024 ini berhasil menarik perhatian 50 peserta dari berbagai kalangan, termasuk IPNU, IPPNU, Fatayat, GP Ansor, dan Muslimat Cileunyi Wetan.


Pelatihan ini menghadirkan narasumber kelas dunia, yaitu Miss Carni Trisnawati dari Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung Prodi Manajemen Pendidikan Islam S2, sekaligus Alumni STAI Bhakti Persada Majalaya Bandung-Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Miss Carni, yang juga merupakan pengurus LTN NU Kabupaten Bandung dan seorang Juru Kisah terkemuka, membawakan materi tentang pengembangan dakwah kreatif melalui media boneka interaktif.


Dalam pelatihan ini, peserta diberikan pemahaman mendalam tentang manfaat penerapan manajemen kisah dalam strategi dakwah yang disesuaikan dengan segmentasi usia. Miss Carni menguraikan 4 fungsi utama manajemen kisah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian.


Pada tahap perencanaan, peserta diajak untuk merencanakan strategi dan operasional dengan teliti, termasuk identifikasi sumber daya yang diperlukan dan perancangan tindakan yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pengorganisasian mencakup penataan sumber daya organisasi agar efisien dan efektif, dengan memperhatikan pembagian tugas dan pembentukan struktur organisasi yang jelas.


Sementara itu, tahap pelaksanaan adalah tahap di mana rencana yang telah disusun diimplementasikan. Ini termasuk penerapan strategi dan tindakan yang telah direncanakan, dengan memperhatikan keakuratan durasi waktu. Tahap terakhir, pengendalian, melibatkan proses memantau dan mengevaluasi kinerja organisasi serta mengambil tindakan korektif jika diperlukan.


Seminar ini berlangsung dengan interaktif dan menarik, di mana para peserta aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber. Acara juga dipandu dengan baik oleh MC Amelia Fitri dan moderator Neng Sri. Diharapkan, pelatihan ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang strategi dakwah yang terorganisir dan memberi inspirasi bagi generasi muda sebagai penerus bangsa yang tangguh, cerdas, dan berakhlakul karimah.


Pewarta: Bambang Melga


Kabupaten Bandung Terbaru