Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Dartam Damiri Ungkap Empat Tips Mendidik Anak Saleh, Dimulai dari Orang Tua

KH Dartam Damiri Ungkap Empat Tips Mendidik Anak Saleh, Dimulai dari Orang Tua
KH Dartam Damiri Ungkap Empat Tips Mendidik Anak Saleh, Dimulai dari Orang Tua. (Foto: Ari AJ).
KH Dartam Damiri Ungkap Empat Tips Mendidik Anak Saleh, Dimulai dari Orang Tua. (Foto: Ari AJ).

Indramayu, NU Online Jabar
Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Raudlatul Hasanah, Krangkeng, menggelar pengajian umum pada Minggu (5/6) yang diisi oleh KH Dartam Damiri pengasuh Pondok Pesantren Al Misbah Kota Cirebon. Ia mengungkapkan kepada wali santri tentang empat tips mendidik anak agar saleh dan salehah karena ada 5 ancaman terhadap mereka sebagai generasi muda saat ini.


“Ingat punya anak saleh? Tidak mudah karena di zaman saat ini, generasi kita dihantam oleh empat lima F atau fantasi, food, fashion, film, dan free sex,” ujarnya.


“Kita perlu waspada karena generasi muda kita dikelilingi oleh lima hal yang berpotensi membahayakan sehingga perlu diawasi. Tapi, kita jangan frustasi dengan rahmat Allah,” katanya melanjutkan.


Kiai Dartam Damiri mengungkapkan, empat tips untuk mencegah agar generasi muda atau anak-anak zaman sekarang terhindar dari bahaya yang mengancam lewat 5 F di atas.


“Yang pertama, orang tuanya harus saleh dulu. Nasihat perbuatan lebih baik daripada nasihat ucapan,” katanya.


Pria 49 tahun itu mengajak agar para orang tua menyontohkan terlebih dahulu kepada anak-anak sembari menyuruh mereka berbuat baik, beribadah, dan sebagainya. “Buktikan, contohkan dengan akhlak yang baik. Boleh kita menyuruh, boleh kita bicara, tapi bicaralah yang baik,” ujarnya.


Kedua, lanjut KH Dartam Damiri, adalah makan dan minum yang saleh. Caranya yakni dengan hanya memakan makanan yang halal dan bergizi.


“Perhatikan, jangan sampai makanan haram, meskipun bergizi, masuk ke perut anak, istri, dan perut kita sendiri, karena makanan dan minuman adalah bahan bakar manusia. Kalau tidak halal, tidak membawa kepada keimanan, malah kepada kemaksiatan,” tuturnya.


Ulama kelahiran Brebes, Jawa Tengah itu mengungkap tips ketiga yaitu menyediakan pendidikan yang saleh kepada anak atau keturunan kita.


“Yarfaillahulladzina amanu minkum walladzina utul ilma darojat. Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan (iImu) beberapa derajat,” ucapnya.


Berkaitan dengan hal itu, KH Dartam Damiri mengajak para orang tua santri untuk mengajarkan dulu keimanan, menanamkan tauhid di dalam hatinya, sebelum sang anak mempelajari ilmu yang lain.


“Yang keempat adalah lingkungan yang saleh. Hati-hati menyekolahkan anak, hati-hati mesantrenkan anak, cari tahu di dalamnya ada apa, ada ajaran apa,” katanya.


Selain itu, Kiai Dartam Damiri juga menekankan agar para orang tua turut mengawasi pendidikan anaknya, tidak lantas memasrahkan secara total kepada lembaga pendidikan tempat mereka belajar.


Pewarta: Ari AJ
Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Indramayu Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×