• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 16 April 2024

Hikmah

KOLOM BUYA HUSEIN

Siapa yang Layak Memimpin Negara

Siapa yang Layak Memimpin Negara
Siapa yang Layak Memimpin Negara
Siapa yang Layak Memimpin Negara

Dalam dua bulan ini rakyat di negeri ini mengalami kegalauan, kebingungan bahkan kecemasan (Gus Mus menyebutnya "ketar-ketir") akan masa depannya. Sebagian dari mereka kesulitan dan pesimis (meski pasti ada dan banyak) menemukan individu-individu pejabat negara, para pengambil kebijakan publik/politik, baik dari Eksekutif, Legislatif maupun Yudikatif yang bersih dari terlibat dalam pelanggaran hukum publik (terutama korupsi) dan tulus mengabdi untuk rakyat. 


Nah, secara tak sengaja, aku membaca quotes Plato yang menggetarkan : 


أغلب الناس عند السلطة يصبحوا أشراراً. (افلاطون) 


"Pada umumnya orang yang berada dalam kekuasaan menjadi buruk,".


Lalu seorang teman bertanya : "Jadi, siapa yang patut menjadi pemimpin?." Aku menemukan pandangan Platon, filsuf terbessr Yunani. 


سئل افلاطون:  من أحق الناس إن يؤتمن على تدبير المدينة؟ فقال من كان في تدبير نفسه حسن المذهب


Plato ditanya: siapakah orang yang patut dipercaya untuk mengatur negara.?. Ia menjawab : dia yang telah mampu mengatur hidupnya sendiri (rekam jejak) dengan baik".


Saat aku mendengarkan dengan seksama presentasi ibu dalam seminar di Isif kemarin, (30/01/24), aku mengingat dan mencatat kata-kata : "The Man behind the Gun".


KH Husein Muhammad, salah seorang Mustasyar PBNU


Hikmah Terbaru