• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 27 Mei 2024

Garut

Halal Bihalal Jadi Cara MWCNU Garut Kota Perkuat Ikatan Organisasi Pasca Idul Fitri

Halal Bihalal Jadi Cara MWCNU Garut Kota Perkuat Ikatan Organisasi Pasca Idul Fitri
Halal Bihalal MWCNU Garut Kota. (Foto: NU Online Jabar/Rudi Sirojudin A).
Halal Bihalal MWCNU Garut Kota. (Foto: NU Online Jabar/Rudi Sirojudin A).

Garut, NU Online Jabar
Dalam rangka memperkuat ikatan organisasi, para pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Garut Kota bersama para pengurus lembaga dan badan otonom NU yang ada menggelar acara halal bi halal pasca Idul Fitri yang dilaksanakan di kantor sekretariat MWC jalan Cikurai No 67 Kelurahan Regol Kecamatan Garut Kota pada Jum'at (19/4/2024). 


Terkait dengan itu, ketua Tanfidziyah MWCNU Garut Kota H Zaqi M Zain mengatakan bahwa kegiatan halal bi halal sangat berkesan, mengingat baru terlaksana setelah dua tahun lamanya vakum. " Kami melihat semua yang hadir tampak semangat, terlihat dari raut wajahnya yang riang gembira karena mampu melaksanakan halal bi halal," ucapnya saat dihubungi NU Online Jabar melalui sambungan Whatsapp, Jum'at (19/4/2024). 


H Zaqi menyebut kegiatan halal bi hahal selain sebagai bagian untuk memperkuat silaturahmi diantara sesama pengurus, juga dalam rangka untuk mengembalikan kembali marwah dan wibawa ulama NU di lingkungan Kecamatan Garut Kota. Ia menilai hal itu perlu dilakukan mengingat wilayah Kecamatan Garut kota merupakan wilayah yang masyarakatnya komplek dan heterogen. 


"Di wilayah Garut Kota itu kan banyak para pendatang, pelancong, faham keagamaannya heterogen. Oleh karena itulah para tokoh NU harus bisa bergerak agar kebermanfaatannya dapat dirasakan," tuturnya. 


Pria yang bergerak di bidang travel haji dan umrah itu juga mengungkap kegiatan silaturahmi sebagai bagian psywar terhadap pihak yang kiranya dapat mengancam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurutnya, mengingat NU merupakan organisasi yang bertujuan untuk menjaga faham ahlussunah wal jamaah dan kedaulatan negara, maka seyogianya para pengurus harus mawas diri dan hati-hati. 


Dalam kesempatan yang sama, H Zaqi juga menyampaikan kembali salahsatu program prioritas MWCNU yang akan diberikan kepada masyarakat. "Setelah ini, kami akan mengoptimalkan peran NU, yakni salahsatunya memvalidasi masjid-masjid yang berafiliasi kepada NU. Hal ini perlu dilakukan, selain sebagai tertib administrasi, juga untuk menghadirkan rasa nyaman dan aman beribadah bagi warga," jelasnya. 


Di akhir keterangan, H Zaqi merasa optimis pergerakan NU di wilayah Garut Kota akan meningkat. "Alhamdulillah, sok sanaos sagala kegiatan bersifat minimalis sederhana,  namung pami dijalani ku tekad anu suci, insya Allah karaosna aya berkahna," tandasnya dengan penuh harap dan optimis. 


Untuk diketahui, saat ini MWCNU Garut Kota baru memiliki lembaga dan banom NU seperti Muslimat, Fatayat, IPNU/IPPNU, dan Ansor Banser. Sementara terkait dengan aset, kantor sekretariatnya sudah dilengkapi dengan 5 set komputer dan 1 printer. 


Garut Terbaru