• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Cianjur

Sebanyak 33 Peserta Ikuti Pagelaran PKD ke-III GP Ansor Karangtengah Cianjur

Sebanyak 33 Peserta Ikuti Pagelaran PKD ke-III GP Ansor Karangtengah Cianjur
Sebanyak 33 Peserta Ikuti Pagelaran PKD ke-III GP Ansor Karangtengah Cianjur
Sebanyak 33 Peserta Ikuti Pagelaran PKD ke-III GP Ansor Karangtengah Cianjur

Cianjur, NU Online Jabar
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Karangtengah menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) angkatan ketiga yang bertempat di Aula Pondok Pesantren Darussalam Maleber, Desa Maleber, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur selama dua hari pada Sabtu-Ahad (28-29/01). Kegiatan pembukaan PKD dihadiri oleh Ketua PC GP Ansor Kabupaten Cianjur, Ketua MWC NU Kecamatan Karangtengah, Camat Karangtengah, Kantor Urusan Agama (KUA) dan jajaran Kepolisian.


Ketua GP Ansor Kecamatan Karangtengah, Khatibul Umam, mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Panitia PKD yang telah berkomitmen dan bekerja keras untuk bisa meluangkan waktunya di tengah segala kesibukan untuk berkhidmat di GP Ansor Karangtengah.


"Di awal tahun 2023 PAC GP Ansor Kecamatan Karangtengah yang pertama menggelar kegiatan PKD ditingkat Kabupaten. PKD adalah jenjang kaderisasi awal yang harus dilalui setiap pemuda yang ingin bergabung dan berproses di GP Ansor," ucap Umam kepada NU Online Jabar.


Pria yang juga selaku Magister lulusan Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Tasikmalaya ini mengatakan, peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 33 orang yang berasal dari berbagai desa, diantaranya Desa Bojong, Sabandar, Sukamantri, Babakan Caringin, Maleber, Sukasari, Langensari dan Sindanglaka yang ada di wilayah Kecamatan Karangtengah.


"Adapun pelaksanaan PKD III ini diisi dengan materi-materi di antaranya keaswajaan, ke-NU-an, ke-Ansor-an, kepemimpinan, dan orientasi pengkaderan. Materi-materi tersebut diharapkan dapat menjadi pengetahuan tambahan, dengan dibekali kecerdasan intelektual, kemapanan ilmu spritual dan memahami terhadap situasi dan kondisi sosial," tuturnya.


Sementara itu, Ketua GP Ansor Kabupaten Cianjur, Ariful Holiq Zaelani menyampaikan, Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ini diarahkan agar menjadi kader Ansor yang memiliki jiwa kepemimpinan, religius, terpimpin, terdidik dan terorganisir sebagai penerus dakwah Nahdlatul Ulama di masa mendatang.


"Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Cianjur akan terus melakukan harokah sesuai tujuan GP Ansor yakni menjaga harmoni dan kententraman di tengah-tengah masyarakat dengan menyampaikan dakwah-dakwah sesuai ajaran Ahlusunnah Waljamaah Annadliyyah," tutup Pimpinan Pondok Pesantren Almusri Banu Mansur Bojong Picung ini.


Sebagai informasi, kegiatan PKD ke-III GP Ansor Karangtengah ini mengusung tema Ansor Maju Satu Barisan, Menuju Peradaban yang Baru merupakan bentuk kewajiban pengurus dalam melahirkan kader GP Ansor sebagai pemimpin masa depan, meneruskan perjuangan dan cita-cita organisasi.


Pewarta: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Cianjur Terbaru