Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Kunjungi Cianjur, Wahid Foundation Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi

Kunjungi Cianjur, Wahid Foundation Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi
Kunjungi Cianjur, Wahid Foundation Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi
Kunjungi Cianjur, Wahid Foundation Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa Bumi

Cianjur, NU Online Jabar
Tim gabungan Wahid Foundation, Gus Dur untuk kemanusiaan mengunjungi lokasi yang terdampak gempa bumi bermagnitudo 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/22) pukul 13.21 WIB. Akibat bencana tersebut ratusan rumah warga rata,  gedung-gedung runtuh, Longsor, ratusan orang luka-luka dan ratusan orang meninggal dunia.


“Tiga hari setelah gempa, Tim gabungan Wahid Foundation, Gus Dur untuk kemanusiaan pergi ke Cianjur untuk membantu warga terdampak gempa. Ternyata masih banyak daerah yang tidak terjangkau bantuan sama sekali. warganya kelaparan dan masih ada beberapa yang masih terluka. Mereka tinggal di tenda-tenda darurat karena enggan meninggalkan rumahnya, walaupun rumahnya sudah hancur berantakan,” kata Yenny Wahid Direktur Wahid Foundation melalui akun facebooknya, Kamis (24/11).


Menurut Yenny masih banyak warga yang belum mendapatkan bantuan yang memadai, terutama untuk tempat tinggal dan obat-obatan kesehatan.


“Mayoritas mereka kemudian membuat tenda di depan halaman rumahnya, karena mereka masih trauma dan takut terjadi gempa susulan. Dengan segala keterbatasan tersebut, Anak-anak banyak yang sakit dan hampir rata-rata kedinginan karena tidak ada selimut,” katanya.


Dalam kunjungannya Yenny meninjau beberapa lokasi yang terdampak parah, ada beberapa desa yang sulit untuk diakses, sehingga mengharuskannya naik motor dan jalan kaki untuk menyalurkan bantuan kepada warga.


“Akses ke beberapa desa sangat sulit karena jalannya tidak bisa dilalui mobil. Bahkan kami sempat bertemu dengan kepala desa yang sedang mencari singkong untuk makan warganya. Tim gabungan Wahid harus naik motor dan berjalan kaki untuk mengangkut bantuan-bantuan ke atas karena pengangkut barang kami tertahan di kaki bukit,” terangnya.


Dalam perjalanannya menyusuri perkampungan, Yenny bertemu dengan beberapa warga, “Kami juga bertemu dengan seorang bidan yang kliniknya hancur yang lantas beliau berinisiatif membantu warga denga berkeliling menggunakan mobilnya sebagai klinik darurat, sayangnya obat - obatan sangat terbatas dan habis,” ujarnya


Yenny berharap bantuan yang diberikannya dapat meringankan beban warga.


“Beberapa bantuan yang kami berikan seperti tenda, alas tidur, selimut, vitamin, diapers, makanan instan, beras dan lain - lain semoga dapat membantu dan meringankan para korban,” pungkasnya


Editor: Abdul Manap

terpopuler

rekomendasi

topik

×