• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 27 Februari 2024

Ciamis

Bedah Buku 'Tema-Tema Pokok Ilmu Ma'ani Al-Qur'an', Cara MWCNU Pamarican Peringati Nuzulul Qur'an

Bedah Buku 'Tema-Tema Pokok Ilmu Ma'ani Al-Qur'an', Cara MWCNU Pamarican Peringati Nuzulul Qur'an
Bedah Buku 'Tema-Tema Pokok Ilmu Ma'ani Al-Qur'an', Cara MWCNU Pamarican Peringati Nuzulul Qur'an
Bedah Buku 'Tema-Tema Pokok Ilmu Ma'ani Al-Qur'an', Cara MWCNU Pamarican Peringati Nuzulul Qur'an

Ciamis, NU Online Jabar
Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat, menggelar Peringatan Nuzulul Qur'an yang bertempat di Saung Santri Kampung pada Jumat (7/4/2023) dengan agenda Launching dan Bedah Buku "Tema-Tema Pokok Ilmu Ma'ani Al-Qur'an" bersama penulisnya yakni Dr Ali Mahfudz, MSi.


Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan, tawasul, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Syubbanul Wathan, penyerahan donasi pembangunan Gedung NU Center Pamarican, Launching dan Bedah Buku, ditutup dengan doa, dilanjut penandatanganan buku.


"Alhamdulillah, kegiatan ini berlangsung sangat meriah dan penuh berkah," ungkap Kiai Aris Muhamad Haris selaku pelaksana kegiatan yang juga sebagai Pengasuh Saung Santri Kampung.


Dalam kesempatan yang sama, Dr. Ali Mahfudz, M.Si menuturkan, salah satu yang menjadi alasan terwujudnya buku ini adalah karena masih sedikitnya buku-buku berbahasa Indonesia yang secara khusus membahas tentang tema-tema dalam Ilmu Ma'ani Al-Qur'an. Ia menilai, salah satu buku yang cukup komprehensif membahas ilmu tersebut adalah buku karya Dr. Afifuddin Dimyati, MA yang juga sebagai salah satu buku yang menjadi rujukannya.


Pria yang akrab disapa Gus Ali Pamarican tersebut juga menjelaskan, buku yang diberi judul 'Tema-Tema Pokok Ilmu Ma'ani Al-Qur'an' ini mencoba untuk membahas tema-tema pokok yang menjadi kajian dalam Ilmu Ma'ani Al-Qur'an. Ia berharap, buku ini dapat dijadikan sumber bacaan bagi masyarakat pada umumnya dan terkhusus kepada para pengkaji ilmu-ilmu Al-Qur'an.


Gus Ali menilai, keunikan dan keistimewaan Al-Qur'an dari segi bahasa merupakan kemukjizatan utama dan pertama yang ditujukan kepada masyarakat Arab yang dihadapi Al-Qur'an pada lima belas abad silam.


Menurutnya, buku ini mencoba untuk membahas tema-tema pokok ilmu Ma'ani Al-Qur'an yang dapat membantu untuk mengungkap kemukjizatan Al-Qur'an dari segi bahasa diantaranya ilmu Gharib Al-Qur'an, ilmu Musykil Al-Qur'an, Ilmu I'rab Al-Qur'an, hakikat dan majaz,mutasyabih lafdzi, huruf ma'ani, takrar, hadzf, kulliyyah al-alfazh, iltifat, dan lain sebagainya.


Ia berterima kasih kepada keluarga, guru, kiai, IAINU Kebumen, INU Ciamis, serta keluarga besar NU khususnya di Pamarican dan Ciamis.


"Semoga Allah SWT memberikan balasan yang lebih besar dan terbaik," tutupnya.


Sebagai informasi, selain buku tersebut, karya Gus Ali Pamarican yang lainnya yaitu Murodan: Metode Praktis Belajar Ilmu Nahwu Ala Pesantren (pengalih bahasa karya KH. Durmudji Ibrohim, PP Miftahul Ulum Lirap, Kebumen, Jawa Tengah) , dan Al-I'rob Al-Muyassar.


Saat ini penulis aktif di berbagai kegiatan diantaranya: mengajar di Madrasah Huffazh dan Madrasah Diniyah pada Pesantren Ihya 'Ulumiddin Pamarican Ciamis, khidmah di Nahdlatul 'Ulama (NU) sebagai Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Pamarican dan Wakil Ketua PC Jam'iyyatul Qurra' wal Huffazh (JQH) Ciamis, mengajar mata kuliah Tafsir dan Ilmu Al-Qur'an di IAINU Kebumen sejak tahun 2014 dan di Institut Nahdlatul Ulama (INU) Ciamis sejak tahun 2022, memegang amanah sebagai Ketua Yayasan Ihyaul Ulum Pamarican, dan mengisi majelis ta'lim, seminar, dan halaqah-halaqah. Selain itu, penulis juga aktif menulis buku daras dan artikel di beberapa jurnal.


Selain itu, rencananya akan ada kegiatan Ngabuburit "Literasi Digital" pada Senin (10/4/2023) mendatang yang diselenggarakan oleh BLK Komunitas Ihya 'Ulumiddin bersama PAC GP Ansor Kecamatan Pamarican dengan narasumber Kepala DPMD, Kepala Disnaker, Kepala Diskominfo, Kapolres, Kepala DPMPTSP, Kepala KPP Pratama, dan Ketua PC GP Ansor Kabupaten Ciamis.


Kontributor: Ahmad Nurul Hakim
Editor: Muhammad Rizqy Fauzi


Ciamis Terbaru