Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Doa Berangkat Kerja

Doa Berangkat Kerja
(Ilustrasi: NUO)
(Ilustrasi: NUO)

Dalam melakukan aktifitas setiap hari, terkadang kita menjumpai hal-hal ataupun bidang-bidang yang belum kita jumpai sebelumnya. Saat menemukan hal tersebut, kita dianjurkan untuk selalu memohon kepada Allah SWT agar Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan serta kelancaran untuk melaksanakan aktifitas tersebut. 


Doa Berangkat Kerja:


بسم اللّه على نفسي ومالي وديني، اللّهمّ رضّني بقضاءك وبارك لي فيما قدّرلي حتّى لَا ٱحبَّ تعجِيلَ مَا أخّرت ولَا تأْخير ما عجّلتَ


Dengan menyebut nama Allah, atas diriku, hartaku, dan agamaku. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang ridha (menerima atas ketetapan-Mu serta berkahilah aku atas rezeki yang Engkau tentukan sehingga aku tak tergesa-gesa meminta sesuatu Engkau tunda, atau menunda-nunda sesuatu yang Engkau hendak segerakan.
 

Seperti yang dikutip dari perkataan Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin (Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 408). Beliau menganjurkan kita untuk membaca doa berikut ini ketika kita memulai aktivitas atau memasuki bidang baru yang akan kita geluti. Doa tersebut dikutip dari kitab suci Al-Qur’an:


رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا. رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي، وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي


Rabbanā ātinā min ladunka rahmatan, wa hayyi’ lanā min amrinā rasyadan (Surat Al-Kahfi ayat 10), rabbisyrah lī shadrī, wa yassir lī amrī. (Surat Thahā ayat 25-26).


Artinya: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku.”


Dijelaskan dalam syarah kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah kitab Ihya Ulumuddin) Sayyid Muhammad Az-Zabidi menuliskan, doa yang dipanjatkan diatas dapat dibaca ketika kita hendak memulai aktivitas atau mulai menggeluti bidang-bidang kehidupan tertentu. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman 103-104).


Dengan membacakan doa sebelum melakukan aktifitas tersebut, kita berharap mudah-mudahan Allah SWT memberikan kemudahan disetiap aktivitas kita tanpa hambatan yang berarti. Wallahu a’lam. 


Muhammad Rizqy Fauzi
 

Terkait

Ubudiyah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×