• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Selasa, 28 Mei 2024

Opini

Menanti Kejutan Maroko di Semifinal Piala Dunia Qatar 2022

Menanti Kejutan Maroko di Semifinal Piala Dunia Qatar 2022
Menanti Kejutan Maroko di Semifinal Piala Dunia Qatar 2022
Menanti Kejutan Maroko di Semifinal Piala Dunia Qatar 2022

Kejutan apalagi yang akan terjadi pada tim Maroko di piala dunia sepak bola Qatar 2022? Setelah sebelumnya berhasil menjadi juara group F yang salah satunya mengalahkan tim peringkat 2 FIFA Belgia (2-0), mengalahkan Spanyol (3-0) di laga perdelapan final, serta menumbangkan Portugal (1-0) di perempat final, kini publik sepak bola dunia menanti kejutan baru tim berjuluk Singa Atlas tersebut. 


Kamis (15/12/2022) dini hari nanti, Stadion Al-Bayt Al-Khor dan penggemar sepak bola dunia akan menjadi saksi bisu, apakah Maroko mampu menembus final atau tidak ketika berhadapan dengan tim peraih dua piala dunia Prancis (1998 & 2018).


Sebagaimana diketahui sebelumnya, perjalanan Maroko menembus semifinal piala dunia Qatar 2022 mengukir beberapa prestasi, dari mulai menjadi tim pertama Afrika yang menembus babak semifinal piala dunia, menjadi tim jazirah Arab pertama yang sukses di gelaran piala dunia, serta menjadikan pelatihnya Walid Regragui menjadi pelatih pertama yang untuk pertama kali dapat mendampingi tim dari benua Afrika berlaga di babak semifinal piala dunia.


Seperti dilansir HU “Pikiran Rakyat” edisi Senin (12/12/2022), perjalanan Maroko di piala dunia Qatar 2022 mendapat beragam apresiasi menarik. Media masa di Eropa misalnya menyebut bahwa fenomena Maroko di piala dunia merupakan sebuah keajaiban dalam dunia sepak bola. Sementara negara-negara di benua Afrika menyebut keberhasilan Maroko merupakan peristiwa sensasional yang tidak mungkin dapat dicapai kecuali melalui semangat perjuangan yang heroik.


Menyoal strategi, sepertinya saat bersua dengan Prancis, Maroko akan menerapkan pola dan strategi yang sama seperti beberapa pertandingan sebelumnya. Yakni mengunakan strategi defensive yang sesekali dengan melakukan serangan balik mematikan seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya.  


Agar terwujudnya impian dan sejarah berikutnya sehingga dapat berlaga di final piala dunia, Maroko harus tetap bekerja keras, mampu menjaga stamina, pintar mengelola emosi, serta tidak terlalu larut dalam euforia kebahagiaan. 


Dan yang paling penting juga adalah dapat memanfaatkan dan menjaga momen. Pasalnya, masyarakat dunia saat ini terlebih negara-negara di benua Afrika dan Asia, juga negara-negara di jazirah Arab menaruh harapan besar terhadap Maroko untuk menjadi juara piala dunia sepak bola sehingga olah raga ini tidak hanya didominasi oleh negara-negara Eropa dan Amerika saja.
Menarik menunggu siapa yang akan menjadi pemenang antara Maroko vs Prancis, kita tunggu hasilnya di laga semifinal.


Bravo Maroko.


Rudi Sirojudin Abas, salah seorang peneliti kelahiran Garut yang menggemari permainan sepak bola.


Opini Terbaru