Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Isra’i Intelektual: Pengurus Lakpesdam NU Jabar go to Al-Mustafa Internasional University of Qum Iran

Isra’i Intelektual: Pengurus Lakpesdam NU Jabar go to Al-Mustafa Internasional University of Qum Iran
Isra’i intelektual: Pengurus LAKPESDAM NU Jabar go to Al-Mustafa Internasional University of Qum Iran. (Foto: Ade Jamarudin).
Isra’i intelektual: Pengurus LAKPESDAM NU Jabar go to Al-Mustafa Internasional University of Qum Iran. (Foto: Ade Jamarudin).

Sebuah pengalaman baru bisa mendapatkan kesempatan untuk mendalami ilmu di universitas internasional al Mustafa Qum Iran, pada tahun ini dibuka kesempatan untuk para dosen, peneliti, short course filsafat dan pemikiran Islam selama 10 hari -07-18 April 2022.


Sebagai awal untuk menjadi peserta short course tidak gamang, dengan melalui seleksi dan interview sebagai syarat bisa lolos, karena datang dari berbagai Negara untuk menjadi bagian dari peserta di dalamnya. Sehingga dengan beberapa tahapan dilalui, akhirnya masuk lolos sebagai peserta short course tahun 2022. Berbagai langkah dan syarat untuk mengikuti program ini lumayan panjang, dari mulai daftar sampai menjelang proses penerimaan sehingga harus sabar menunggu hampir tiga bulan karena kondisi covid, namun akhirnya berangkat juga dengan niat bismillah mencari ilmu di pusatnya pemikiran Islam, yang kononnya banyak lahir ulama-ulama masyhur di negri Persia ini, seperti hujjatul islam imam ghazali, pengarang tafsir mafatih al-ghaib fakhruddin al-raji, tafsir al-Baidhowi. 


Semoga saya pun bisa mengambil hikmah ilmu dan barokah dari ulama masyhur ini, sambil ziarah ke maqamnya. Kesempatan ini bisa saya lakukan untuk terus mencari ilmu.


Tafsir dan tokoh hujjatul islam di atas paling sering di baca oleh kader2 NU. Alhamdulillah saya bisa berangkat dalam agenda short course tahun ini, semoga pulang dari negri Persia Iran bisa membawa manfaat dan wawasan ilmu untuk para pelajar dan ulama2 di Indonesia tentang pemikiran Islam dan filsafat.


Dengan berbagai lika liku selama short course, begitu agenda padat tiap hari dengan berbagai ilmu yang didapatkan dengan narasumber ulama-ulama Iran tentang pemikiran islam, serta shering dan dialog dengan peserta dari berbagai Negara dan bisa melahirkan solusi dalam masalah probelmatika Islam di dunia Islam, terutama saat ini Negara iran sebagai Negara islam, yang bisa mandiri dalam pemberdayaan umat dan rakyat. selain materi yang di seminarkan tentang pemikiran islam, kami bisa berkunjung ke ulama-ulama, dan berjiarah ke pengarang-pengarang produktif seperti tafsir al-Baidhawi, ffakhruddin al raji, imam ghazali, penyarir Abul Qasim Firdausi. 


Setelah mengikuti berbagai agenda selama 10 hari, peserta dari berbagai Negara pun bisa mnikmati hasil dari sourt course, seperti kerjasama antar perguruan tinggi antara Negara, konferensi internasional, riset, student exchange, pertukaran dosen, termasuk perguruan tinggi nya menyediakan beasiswa untuk pelajar dari Indonesia. Ini adalah kesempatan besar dalam dunia pendidikan.    


Saya sebagai duta Lakpesdam NU JABAR Sekaligus dosen UIN bandung, berharap bisa membuka wawasan keislaman dari para ulama2 masyhur di atas, sehingga dalam perjalanan menuntut ilmu short course tahun ini sebagai awal motivasi carilah ilmu sampai negri Persia. Semoga manfaat bisa berbagi ilmu.


DR. Ade Jamarudin, MA, salah seorang Pengurus Lakpesdam PWNU Jawa Barat

Terkait

Opini Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×