Home Nasional Warta Adrahi Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Lantik 9 Lembaga, Kiai Juhadi: Sinergikan dengan 4 Program Unggulan

Lantik 9 Lembaga, Kiai Juhadi: Sinergikan dengan 4 Program Unggulan
Penatikan lembaga di lingkungan PWNU Jabar sesi pertama
Penatikan lembaga di lingkungan PWNU Jabar sesi pertama

Bandung, NU Online Jabar
Sembilan lembaga di lingkungan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat masa khidmat 2021-2026 hari ini resmi dilantik dan di baiat di Aula Gedung Dakwah PWNU Jabar, Jl. Terusan Galunggung No.9 Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Selasa (8/9).


Sembilan lembaga tersebut diantaranya Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU), Rabithah Ma'ahid al-Islamiyah (RMINU), Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi), Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBHNU), Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU).


Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBPI)


Ketua Tanfidziyah PWNU Jabar KH Juhadi Muhammad dalam sambutannya mengatakan dilantiknya sembilan lembaga dilingkungan PWNU Jabar hari ini bentuk sinergitas dari empat program PWNU Jabar, proses perjalanan penyusunan pengurus lembaga lembaga sangat lama dengan berkolaborasi formulasi Kader NU di Jabar yang kompeten sehingga semua lembaga dapat berjalan sesuai harapan dan cita-cita kepengurusan PWNU Jawa Barat lima tahun kedepan.


Menurutnya, posisi kepengurusan lembaga ini dilakukan melalui proses seleksi agar seluruh potensi SDM Jawa Barat betul betul dapat menjalankan empat program PWNU Jabar.


“Empat Program yang nantinya akan di fokuskan pada Rakerwil, program tersebut sudah terangkum dalam doa sehari-hari,” katanya.


"Pertama yang berkaitan dengan doa salamatan fiddin diharapkan warga NU Jawa Barat dapat memanfaatkan sarana ibadah (masjid dan mushola) sebagai pusat dakwah, kaitannya dengan lembaga yaitu LTMNU, Lembaga Ma’arif NU, dan RMI,” imbuhnya.


Kedua, kata Kiai Juhadi “Wa 'aafiyatan fil jasad Ini kaitannya dengan kesehatan, seperti lembaga Kesehatan, Lembaga Kemaslahatan Keluarga , dan teramsuk lembaga perekonomian yang nantinya mendukung lembaga kesehatan membangun Rumah Sakit di seluruh kota kabupaten yang ada di Jawa Barat,” tuturnya.


Ketiga lanjutnya, wa ziyadatan fil 'ilmi, “Kaitannya dengan lembaga yaitu meningkatkan sumber daya manusia melalui lembaga pendidikan yang kita bangun, seperti SMP, SMA, kemudian perguruan tinggi. Meningkatkan kualitas perguruan tinggi yang sudah ada, melalui Lakpesdam kita tingkatkan sumber daya manusia, tidak hanya itu, Lakpesdam sekarang bertugas selain kajian sumber daya manusia yaitu pengkaderan,”ucap Kiai Juhadi.


"Kami nanti akan undang rektor rektor perguruan tinggi untuk membahas pendidikan di Jawa Barat kedepan," ujarnya.


Terakhir, wabarokatan dir rizqi, “Kaitannya dengan lembaga yaitu program perekonomian yang menjadi target kepengurusan PWNU lima tahun kedepan dengan memberdayakan pelaku ekonomi kreatif untuk lebih maju dan sejahtera, melalui LPNU, LPPNU dan lembaga-lembaga yang lainnya,” ucap Kiai Juhadi.


"Mudah mudahan kepengurusan PWNU Jawa Barat dapat memberikan maslahat untuk warga Jawa Barat," lanjutnya.


Kemudian Kiai Juhadi berharap selama lima tahun kedepan lembaga ini semoga dapat membuat kenang-kenangan dengan membangun sekretariat lembaga.


“Harapannya kedepan selama lima tahun menjalankan program di lembaga saya harap semua lembaga mempunyai gedung sekretariat, membuat sejarah dan meninggalkan kenang-kenangan dengan membangun gedung sekretariat, sekarang kan ada lahan kosong diantara JQH dan gedung Ansor, nah bisa enggak itu di buat gedung untuk semua lembaga,” harapnya.


Sementara itu Rais syuriah PWNU Jabar KH Abun Bunyamin dalam sambutannya menyampaikan setelah dilantiknya lembaga ini berharap semua lembaga aktif membangun NU untuk kemaslahatan umat.


“Selamat atas dilantiknya, dilantiknya lembaga yaitu untuk aktif untuk berprogres dan untuk bermanfaat di kemudian hari,” pungkasnya.


Perlu diketahui semua lembaga berjumlah 18 lembaga, namun dalam acara pelantikan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama sembilan lembaga dilantik hari ini (8/9) dan sesi kedua sembilan lembaga lainnya dilantik keesokannya Rabu (9/3).


Pewarta: Ihsan
Editor: Abdul Manap

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×