• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Sabtu, 13 April 2024

Ngalogat

Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Peradaban Baru Transportasi Indonesia

Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Peradaban Baru Transportasi Indonesia
Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Peradaban Baru Transportasi Indonesia (Foto: AM)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Peradaban Baru Transportasi Indonesia (Foto: AM)

Sebuah pengalaman yang luar biasa! Menjadi salah satu yang pertama mencoba kereta cepat Jakarta-Bandung dalam masa uji coba sebelum dioperasikan secara komersial. Saya berkesempatan menjajal kereta tersebut pada Kamis (21/9/23). 


Whoosh, nama kereta cepat kebanggaan tanah air ini yang merupakan akronim dari Waktu hemat, operasi optimal, sistem handal. Kereta ini diklaim sebagai kereta pertama dan tercepat se-Asia Tenggara. Dengan kecepatan maksimal mencapai 350 km/jam, perjalanan Jakarta-Bandung yang biasanya memakan waktu berjam-jam, kini hanya dalam 46 menit!


Kecepatan tersebut terbukti dapat menghemat waktu perjalanan, saya berangkat pukul 09.00 dari pemberhentian akhir yaitu stasiun Tegalluar Kabupaten Bandung, menuju staisun utama Halim di Jakarta Timur dan tiba dilokasi sesuai estimasi pukul 09.46.


Kereta cepat ini memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan akan melayani empat stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar. Pelayanan dan fasilitas publik pada moda transportasi ini tidak hanya tersedia di setiap stasiun, namun juga ada pelayanan di sepanjang perjalanan. 
 

Fasilitas dan kenyamanan
Pengalaman saya menaiki kereta ini memberikan kenyamanan yang luar biasa. Fasilitas yang ditawarkan begitu lengkap dengan teknologi modern dan handal. Aman, nyaman, ramah Lansia juga difabel. Kursinya empuk, toilet bersih, ruangan yang sejuk, serta adanya pramugari yang senantiasa siap melayani selama perjalanan. 


Kereta ini terdiri dari delapan gerbong dengan kafasitas 601 penumpang terbagi dalam tiga kelas, premium economi class, first class dan business class. Pada kereta ini tersedianya fitur Cabin Noise tempat penyimpanan barang bawaan yang lebih rendah, ini akan meredam getaran dengan lebih optimal. Minim goyangan, dan kebisingan sehingga membuat perjalanan ini begitu khidmat. Selain itu, dapat menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan sehingga dapat memberikan pengalaman yang berkualitas dan lebih bernilai.


Fasilitas lainnya yang tersedia untuk melayani penumpang di setiap stasiun, PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) telah menyiapkan berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut meliputi fasilitas penunjang keamanan, kenyamanan, dan area komersial. Seperti ruang tunggu yang luas dan nyaman, loket dan vending machine, lift, escalator, loker, toilet, food court, toko oleh-oleh serta berbagai fasilitas lainnya. 


Stasiun yang terintegrasi
Moda transportasi kereta cepat yang menghubungkan antara Kota Jakarta dan Bandung ini nantinya akan terkoneksi dan terintegrasi dengan beberapa moda transportasi lainnya, Light Rail Transit (LRT) Jabodebek, Commuter Line Bandung Raya, maupun KAA Feeder, sehingga penumpang lebih leluasa dan mudah untuk berpindah moda. 


Selain itu, konektivitas tersebut guna mengoneksikan letak-letak strastegis di antara Jakarta, Karawang dan Bandung. Sehingga memudahkan orang-orang yang ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata, tempat perekonomian, tempat hiburan, atau sekedar pulang kampung dan kebutuhan mobilitas lainnya.

Kemudahan-kemudahan tersebut sebagai upaya pemerintah mengajak masyarakat untuk beralih ke moda transportasi umum, yang lebih aman, nyaman, hemat waktu perjalanan, terhindar dari kemacetan, dan polusi akibat dari emisi gas kendaraan. 


Peradaban Baru Transportasi Indonesia
Indonesia telah memasuki era baru dalam dunia transportasi dengan hadirnya Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Transportasi ini tidak hanya menghadirkan kecepatan tanpa tanding, tetapi juga membawa perubahan signifikan dalam cara kita melihat perjalanan di Indonesia.


Perjalanan dari Jakarta ke Bandung yang sebelumnya memakan waktu berjam-jam, kini hanya dalam hitungan menit. Ini adalah terobosan besar dalam menghemat waktu dan energi, menjadikannya pilihan utama bagi banyak orang yang ingin berpindah antara dua kota besar ini dengan cepat dan efisien.


Namun, bukan hanya soal kecepatan yang membuat Kereta Cepat ini begitu luar biasa. Dengan tawaran fasilitas yang ada, KCIC atau Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ini dapat memberikan solusi bagi masalah kemacetan lalu lintas dan emisi gas beracun yang mencemari udara yang sering kali menghantui Jakarta dan Bandung. Ini adalah salah satu langkah progresif dalam upaya menjaga lingkungan, kesehatan dan kemudahan mobilitas masyarakat.


Kereta Cepat Jakarta-Bandung adalah pilihan transportasi yang sangat cocok untuk era modern kini yang serba cepat, era yang menuntut kecepatan, kemudahan, dan efisiensi dalam menjangkau berbagai aspek kehidupan. Dengan hadirnya kereta cepat ini, Indonesia telah membuka pintu menuju masa depan transportasi yang lebih baik dan lebih berkelanjutan, mengubah cara kita berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cara yang lebih cerdas dan efisien.


Rencana Pemerintah
Moda transportasi umum kereta cepat ini berencana akan diresmikan dan mulai dioperasikan secara komersial pada awal Oktober 2023 mendatang. Kereta ini tersedia dengan berbagai kelas tarif yang disediakan, mulai dari kelas premium ekonomi, first class, hingga business class dengan tarif yang terjangkau antara 250 hingga 350, semua lapisan masyarakat dapat menikmati keunggulan transportasi ini.


Selain itu, proyek strategis nasional ini rencananya akan ekspansi hingga ke Surabaya, Jawa Timur, yang akan menghubungkan berbagai kota besar di Indonesia.


Abdul Manap, salah seorang editor NU Online Jabar
 


Ngalogat Terbaru