• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Nasional

KOLOM KH ZAKKY MUBARAK

Mustasyar PBNU Sebut Lahirnya Nabi Muhammad SAW Jadi Rahmat bagi Semua Makhluk

Mustasyar PBNU Sebut Lahirnya Nabi Muhammad SAW Jadi Rahmat bagi Semua Makhluk
Mustasyar PBNU Sebut Lahirnya Nabi Muhammad SAW JAdi Rahmat bagi Semua Makhluk
Mustasyar PBNU Sebut Lahirnya Nabi Muhammad SAW JAdi Rahmat bagi Semua Makhluk

Jakarta, NU Online Jabar
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak mengatakan, salah satu misi diutusnya Nabi Muhammad SAW adalah sebagai rahmatan lil alamin. Hal tersebut diungkapkan dalam video yang diunggah melalui akun Facebook resmi miliknya, Zakky Mubarak Syamrakh pada Rabu (4/10/2023).


Ia menilai, rahmat bagi alam semesta itu tidak hanya bagi umat islam atau manusia saja namun juga bagi seluruh makhlluk yang ada di alam semesta mulai dari benda-benda mati, tumbuh-tumbuhan, dan hewan mulai dari yang terkecil hingga hewan yang terbesar.


"Karena itu, umat islam diarahkan oleh ajaran agamanya agar bisa memberikan manfaat kepada sesamanya, semaksimal mungkin. Dan inilah misi dari ajaran islam itu," jelas Kiai Zakky.


Rasulullah SAW, sambung KH Zakky Mubarak, merupakan rahmat bagi semua makhluk. Ia mengutip salah satu firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Al-Anbiya ayat 107: 


وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ  


Artinya, “Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (QS. Al-Anbiya’: 107).


"Inilah kewajiban umat islam untuk mewujudkan rahmat ini dalam kehidupan sehari-hari dan nanti dengan demikian kita bisa berdakwah kepada sesama umat manusia untuk mengikuti petunjuk-petunjuk agama dengan mengembangkan dan memantapkan rahmat bagi kehidupan ini," pungkasnya.


Nasional Terbaru