Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

KH Zakky Mubarak: Jangan Tolak Pemberian Orang Lain

KH Zakky Mubarak: Jangan Tolak Pemberian Orang Lain
(Ilustrasi: M Iqbal/NUJO)
(Ilustrasi: M Iqbal/NUJO)

Jakarta, NU Online Jabar
Salah seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakky Mubarak menjelaskan dalam menjalani kehidupan, kita sebagai manusia maklhuk sosial tidak bisa terlepas dari keterkaitan dengan manusia lainnya, termasuk dalam hal tolong menolong. Hal tersebut ia sampaikan melalui video yang diunggah di akun facebooknya Zakky Mubarak Syamrakh, Kamis (3/2).    

 

Kiai Zakky menjelaskan sahabat Umar bin Khattab pada suatu saat di beri hadiah oleh Nabi, kemudian umar mengatakan ya Rasulullah lebih baik berikannlah pemberian ini kepada orang yang lebih membutuhkan dariku. 

 

Perkataan Umar disini ada kesan menolak pemberian Nabi. Ia katakan berikan kepada orang yang lebih fakir, dan lebih butuh darinya.

 

“Nabi menyatakan tidak begitu Umar, yang tidak boleh itu kita mengharap pemberian orang lain dan meminta-minta kata Nabi, kalau kamu di beri oleh seseorang yang kamu tidak mengharap pemberian dari seseorang itu, dan tidak meminta kepadanya, maka terimalah. Kalau kamu suka kamu manfaatkan untuk keluargamu, kalau kamu tidak suka kamu hadiahkan kepada orang lain,” kata Kiai Zakky.

 

Sikap yang di tunjukan Nabi ini sangatlah bijak, mengapa kalau kita menolak pemberian orang lain, karena itu sepertinya kita angkuh, ada kesan sombong yang tertanam.

 

“Semua orang tidak pernah berdiri sendiri, saling memerlukan bantuan orang lain, maka Nabi menyarankan yang tidak boleh itu mengharapkan pemberian orang lain, yang disebut dengan Toma, atau meminta, ini merupakan pantrangan bagi seorang muslim, tapi kalau orang ingin berbuat baik kepada kita, ingin memberikan hadiah, ingin memberikan sesuatu jangan di tolak. Kita terima sehingga orang itu senang hadiahnya kita terima, kalau kita enggak suka kita bisa berikan pada orang lain yang membutuhkan, itu sikap yang paling bijak,” ujarnya. 

 

Sebab kalau kita menolak hadiah pemberian orang lain itu menunjukan kita seorang yang angkuh dan sombong, hindari keangkuhan dan kesombongan itu dan terima pemberian orang lain, asal kita tidak meminta dan mengharap, lalu kalau kita suka manfaatkan kalau tidak suka berikan pada orang lain. 

 

“Sesungguhnya diantara keduanya mendapatkan pahala, baik yang memberi maupun yang menerima,” pungkasnya

 

Pewarta: Abdul Manap

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×