• logo nu online
Home Nasional Warta Sejarah Khutbah Taushiyah Kuluwung Ubudiyah Daerah Keislaman Syariah Obituari Risalah Doa Tokoh Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya
Senin, 4 Maret 2024

Nasional

Hari Guru Nasional 2023, Ucapan dan Doa untuk Guru Tercinta sebagai Ungkapan Terima Kasih

Hari Guru Nasional 2023, Ucapan dan Doa untuk Guru Tercinta sebagai Ungkapan Terima Kasih
Hari Guru Nasional 2023. (Foto: NU Online)
Hari Guru Nasional 2023. (Foto: NU Online)

Bandung, NU Online Jabar
Tanggal 25 November diperingati sebagai peringatan Hari Guru Nasional. Di tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikburister) mengusung tema Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar.


Tentunya sebagai seorang pelajar baik siswa/siswi maupun santri yang pernah merasakan didikan seorang guru, kita patut memperingati Hari Guru Nasional 2023 sebagai bentuk ungkapan terima kasih atas jasa-jasa para guru yang telah ikhlas mendidik dan membimbing kita semua.


Bentuk rasa terima kasih itu bisa kita wujudkan dalam bentuk ucapan dan doa yang kita panjatkan yang ditujukan untuk guru-guru kita tercinta. Berikut ini ragam ucapan dan doa yang bisa kita lafalkan untuk guru di Hari Guru Nasional 2023 sebagai bentuk rasa terima kasih.


Ucapan Hari Guru Nasional 2023


Ucapan yang dikutip dari kitab Ta’lim Muta’allim


أُقَدِّمُ أُسْتَاذِي عَلَى نَفْسِ وَالِدِي ** وَإِنْ نَالَنِي مِنْ وَالِدِي الْفضْلَ وَالشَرَف


Artinya: Aku lebih mengutamakan guruku dari orang tuaku, meskipun aku mendapat dari orang tuaku keutamaan dan kemuliaan.


فَذَاكَ مُرَبِّ الرُّوْحِ وَالرُّوْحُ جَوْهَرُ ** وَهذَا مُرَبِّ الْجِسْمِ وَالْجِسْمُ كَالصَّدَف


Artinya: Ustadzku adalah pengasuh jiwaku dan jiwa adalah bagaikan mutiara, sedangkan orang tuaku adalah pengasuh badanku dan badan bagaikan kerangnya.


Doa untuk Guru di Hari Guru Nasional 2023


Doa memohon ampunan bagi guru


 اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِمَشَايِخِنَا وَلِمَنْ عَلَّمَنَا وَارْحَمْهُمْ، وَأَكْرِمْهُمْ بِرِضْوَانِكَ الْعَظِيْمِ، فِي مَقْعَد الصِّدْقِ عِنْدَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ


Allâhumma-ghfir li masyâyikhinâ wa liman ‘allamanâ wa-rhamhum wa akrimhum biridlwânikal ‘adhîm fî maq’adish shidqi ‘indaka yâ arhamar râhiîn


Artinya: Wahai Allah ampunilah guru-guru kami dan orang yang telah mengajar kami. Sayangilah mereka, muliakanlah mereka dengan keridhaan-Mu yang agung, di tempat yang disenangi di sisi-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang. (Imam al-Haris al-Muhasibi, Risâlah al-Mustarsyidin, Dar el-Salam, halaman 141)


Doa agar terhindar dari mengetahui aib seorang guru


اَللَّهُمَّ اسْتُرْ عَيْبَ مُعَلِّمِي عَنِّي وَلَا تُذْهِبْ بَرَكَةَ عِلْمِهِ مِنِّي 


Allâhumma-stur ‘aiba mu‘allimî ‘annî walâ tadzhab barakata ‘ilmihi minnî


Artinya:  “Ya Allah, tutupilah aib guruku dariku, dan jangan Engkau hilangkan berkah ilmunya dariku.”


Pewarta: Agung Gumelar


Nasional Terbaru