Home Nasional Warta Kuluwung Khutbah Daerah Pustaka Sejarah Ubudiyah Taushiyah Syariah Keislaman Obituari Doa Tokoh Risalah Tauhid Profil Hikmah Opini Wawancara PWNU Ngalogat Ekonomi Lainnya

Buka Munas Jatman, KH Ma'ruf Amin Ungkap Kunci Memakmurkan Bumi

Buka Munas Jatman, KH Ma'ruf Amin Ungkap Kunci Memakmurkan Bumi
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin Saat membuka Acara Munas Jatman. (Foto: Ss Yt Jatman Online).
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin Saat membuka Acara Munas Jatman. (Foto: Ss Yt Jatman Online).

Jakarta, NU Online Jabar
Jam’iyyah Ahlith Thariqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah (JATMAN) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar di Provinsi Bengkulu selama tiga hari, teritung sejak 12-15 Maret 2022. Kegiatan tersebut dibuka secara hybrid oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin.


Dalam sambutannya, Kiai Ma'ruf menilai, melalui gerakan tarekat mampu memainkan peran strategis dalam menyebarkan dakwah yang sejuk dan menjaga kejernihan hati umat Islam di Indonesia. Mengingat hal tersebut, JATMAN diharapkan terus mainkan peran strategis dalam membimbing umat untuk memakmurkan bumi.


“Saya berharap JATMAN dapat terus menjadi pembimbing umat agar di satu sisi umat menjadi umat yang hatinya bersih dan selalu ingat kepada Allah, dan di sisi lain juga umat juga menjadi manusia pembangunan yang memakmurkan bumi,” tegasnya pada Ahad (13/3), seperti yang dilansir dari nu.or.id.


Kiai Ma'ruf juga menambahkan, adapun memakmurkan bumi tersebut dapat dilakukan dengan mengembangkan perekonomian di berbagai sektor kehidupan, seperti pertanian, perdagangan, pertambangan, dan keuangan.


“Memakmurkan bumi itu bisa dilakukan melalui kegiatan yang bersifat material dan juga bisa bersifat peradaban (maddiyyan wa hadhariyyan),” ungkap Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.


Sementara kuncinya, imbuh Wapres, ada pada sumber daya manusia (SDM) unggul yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.


“Hal ini sejalan dengan program pemerintah yang menekankan pembangunan sumber daya manusia serta pemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya.


Wapres berharap, munas kali ini dapat meningkatkan partisipasi aktif JATMAN dalam menyiapkan SDM unggul Indonesia.


“Semoga muktamar nasional ini dapat semakin memperkuat kontribusi positif Jam’iyyah Ahlith Thariqoh Al-Mu’tabaroh An-Nahdliyyah bagi Islam dan bangsa,” harapnya.


Perlu diketahui, Munas JATMAN yang mengusung tema “Membumikan Nilai-Nilai Luhur Thoriqoh untuk Memperkokoh NKRI” ini digelar pada 12–15 Maret 2022, di Provinsi Bengkulu. Adapun pembukaannya berlangsung secara hybrid di Balai Raya Semarak Provinsi Bengkulu.


Hadir dalam kesempatan tersebut, antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD, Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah, serta jajaran pengurus dan perwakilan JATMAN dari 34 provinsi. Sementara Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Masykuri Abdillah, serta Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Lukman Hakim Siregar.


Editor: Muhammad Rizqy Fauzi

Terkait

Nasional Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

×